Brilio.net - Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menjalani perawatan di rumah sakit di Guangzhou, China. Perawatan itu guna mengobati penyakit kankernya yang semakin parah.

Sebelum berangkat ke Guangzhou, Sutopo diketahui mengunggah sebuah video singkat di akun Instagram untuk berpamitan pada Sabtu (15/6). Dalam video itu, ia mengatakan bahwa keputusannya berangkat ke Guangzhou merupakan bentuk ikhtiar untuk mengobati kanker paru stadium 4 yang ia derita. Ia pun meminta doa restu agar pengobatannya di Guangzhou berjalan lancar.

"Hari ini saya ke Guangzhou untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh lali. Kondisinya sangat menyakitkan sekali. Saya mohon doa restu kepada kepada semua netizen dan lainnya," tulis Sutopo dalam caption video unggahannya.

Sutopo akan berada di Guangzhou selama satu bulan. Dedikasi Sutopo terhadap pekerjaannya diketahui sangat besar. Pria 49 tahun itu selalu mengabarkan info bencana di Indonesia. Bahkan, ia masih menyempatkan diri meminta maaf apabila nantinya tak dapat mengabarkan info bencana seperti biasanya.

Loading...

"Jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Sekaligus saya dimaafkan atas kesalahan dan dosa. Saya di Guangzho selama 1 bulan. Maaf jik tidak bisa menyampaikan info bencana dengan cepat. Mohon maaf ya," tulis Sutopo.

Sebelumnya, Sutopo memberikan kabar terbaru mengenai kondisi kesehatannya. Menurutnya, sel kanker telah menyebar ke tulang dan organ tubuh lain yang menyebabkan sakit yang luar biasa. Tak ayal, kabar terbaru Sutopo yang menjalani perawatan di Guangzhou tersebut mendapat banyak respons dari warganet.

Tak lama usai Sutopo berpamitan, banyak warganet yang menyampaikan doa agar Sutopo diberikan kesembuhan dan kelancaran saat berobat. Bahkan, tagar #doauntuksutopo sempat menjadi trending topic di Twitter beberapa saat lalu.

"Semoga Cepat sembuh pak!! Semua rakyat Indonesia tau bpk org yg kuat. #DoaBuatSutopo #DoaUntuKSutopo," tulis akun @sopizaza.

"Semoga lekas sembuh ya Pak. Rakyat Indonesia selalu menantikan kiprahmu untuk kebaikan Bangsa #DoaUntukSutopo," ujar akun @uti705.

"Twitterians, hari ini jangan lupa luangkan waktu untuk doakan kesembuhan Pak @Sutopo_PN yaaa. #DoauntukSutopo #Solidarity," kata akun @Atie_06.