Brilio.net - Keterbatasan biasanya dianggap sebuah hambatan bagi banyak orang dalam menjalankan sesuatu. Namun bagi Setu, keterbatasan fisik yang ia alami tak dijadikan halangan untuk mencari nafkah bagi keluarganya. Pria yang akrab disapa Pak Setu ini setiap hari menjual balon dengan cara merangkak demi menghidupi lima anaknya.

Kisah pria asal Gempolan, Jatiyoso, Karanganyar ini sedang viral di media sosial. Sebuah akun Instagram @thoryc.id mengunggah video aktivitas Pak Setu saat menjajakan jualannya. Menurut sang pengunggah, Pak Setu tidak dapat berjalan normal. Meski demikian ini tetap semangat berjualan balon dengan cara merangkak.

Pak Setu biasa berkeliling di kawasan Notosuman, Solo. Begitu juga pemilik akun bernama Muhammad Thoric ini bertemu dengan penjual balon itu di kawasan tersebut sekitar pukul 09.00 - 10.00 WIB.

Saat dihubungi brilio.net, Rabu (19/6), Thoric mengungkapkan sisi lain dari Pak Setu. Sebelum berjualan balon, Pak Setu sebelumnya punya usaha pijat. Namun karena tidak setiap hari ada pelanggan, Pak Setu akhirnya memikirkan usaha lain. Lalu kemudian ia berinisiatif untuk menjual balon.

kisah pak setu penjual balon merangkak © Instagram/@thoryc.id
foto: Instagram/@thoryc.id

"Beliau orangnya ramah, supel ke tetangga," ujar Thoric.

Selain punya sikap yang ramah, Pak Setu juga diceritakan sering menghadiri pengajian. Kalau sedang berkeliling Solo dan kebetulan tidak sempat pulang ke Karanganyar, Pak Setu seringkali bermalam di Masjid Baluwarti.

"Potret Perjuangan Pak Setu 50th, seakan memberikan pelajaran berharga..
Bahwa dlm kondisi apapun, kita musti pantang menyerah, terlebih dalam meraih rezeki dariNya dengan cara yg halal. Perjumpaan dengan Pak Setu
Penjual Balon keliling, beliau tidak bisa jalan, jadi harus merangkak..
Tadi pagi jam 9 - 10an, di kawasan Notosuman Solo," tulis Thoric pada caption unggahannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Ketika engkau merasa Lelah.. Lihatlah beliau.. Meski keterbatasan Fisik, semangat utk meraih sebagian RezekiNya begtu luar biasa.. .. Pak Setu 50 th, ayah dr 5 orang anak. Semangaaat bapaak.. Semoga lelahmu berujung berkah.

A post shared by Cerita Tentang Solo (@thoryc.id) on

 

Kisah mengharukan perjuangan Pak Setu dalam mencari nafkah ini sontak viral di media sosial. Sejak diunggah pada 15 Juni kemarin, video tersebut telah disaksikan lebih dari 10 ribu kali. Banyak dari warganet yang tentunya salut dengan Pak Setu. Ada juga yang berharap seseorang membuka donasi agar bisa sedikit membantu perekonomian keluarganya.

"Gak sanggup saya..hanya orang pilihan yg mampu menerima suratan Illahi seperti ini..Sehat selalu ya pak," ujar akun @bam_surbakti.

"Smngaatt pak, satu tetes keringatmu bakal dibalas Allah dg seribu kenikmatan nanti," tulis akun @I_ys99.

"masyaAllah . Mudah2an semakin bertambah pintu rejeki untuk pak setu," kata akun @arumafi_official.