Brilio.net - Mantan Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, belum lama ini melewati pergantian usia. Tepat pada (9/9) lalu, pria yang akrab disapa SBY itu genap berusia 72 tahun. Pada perayaan ultah tahun ini, SBY bersama keluarganya memilih untuk berziarah ke pusara mendiang Ani Yudhoyono. Hal ini diungkapkan oleh Agus Yudhoyono melalui akun Instagramnya.

"Alhamdulillah, hari ini kami sekeluarga berziarah ke makam Memo di TMP Kalibata," begitu keterangan foto yang diunggah Agus.

Diungkapkan Agus, SBY dan keluarganya tak hanya sekali saja mengunjungi makam sang ibu. Setidaknya dalam seminggu, selalu ada kesempatan untuk menyambangi pusara almarhumah Ani Yudhoyono. Akan tetapi, karena pandemi Covid-19 yang masih mewabah, pihaknya pun sempat menunda untuk berziarah.

Momen ulang tahun SBY ke-72 © Instagram

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: Instagram/@agusyudhoyono

"Sebenarnya hampir seminggu/dua minggu sekali kami berziarah, namun karena kondisi masih belum memungkinkan maka baru berziarah lagi hari ini," lanjutnya.

Di samping itu, momen ziarah kali ini menjadi lebih spesial dengan berkaitan hari ulang tahun Susilo Bambang Yudhoyono. Diungkapkan Agus, kesempatan itu sekaligus menjadi momen mengenang sang ibu. Terlebih lagi, sosok mantan ibu negara tersebut selalu menjadi pihak pertama yang memberikan ucapan selamat. Ziarah itu pun diakui membuat sang ayah merasa lebih tenang.

Momen ulang tahun SBY ke-72 © Instagram

foto: Instagram/@agusyudhoyono

"Ini juga sekaligus membuat hati Pepo tenang dan tenteram. Biasanya di hari ultah beliau, Memo lah orang pertama yang selalu memberinya ucapan selamat dan doa," cerita Agus Yudhoyono.

Dalam kesempatan tersebut, keluarga Agus Yudhoyono dan Edhie Baskoro ikut mendampingi SBY. Tampak masing-masing menggunakan batik dengan nuansa biru dan cokelat. Sesampainya di makam, terlihat SBY dan keluarganya memanjatkan doa sekaligus menabur bunga di atas pusara sang ibu. Tak ketinggalan, karangan bunga juga diletakkan di atas makam mendiang Ani Yudhoyono. Pada akhir ungkapannya, Agus pun meminta doa untuk ketenangan sang ibu.

Momen ulang tahun SBY ke-72 © Instagram

foto: Instagram/@agusyudhoyono

"Mohon kiranya teman-teman berkenan menghadiahkan almarhumah Hj. Kristiani Herrawati binti Sarwo Edhie Wibowo surat Al Fatihah. Al Fatihah," tutup politikus tersebut.

(brl/lin)