Brilio.net - Twitter adalah salah satu media sosial paling digemari anak muda. Karakternya yang ringkas dan cepat direspon membuat pengguna lebih mudah menuliskan cuitan alias apa yang mereka pikirkan. Pengikutpun akan sangat mudah merespon cuitan dan otomatis akan tampil di berandanya sekaligus di timeline pengikutnya.

Tak heran micro blogging besutan Jack Dorsey ini punya potensi untuk mengangkat popularitasmu dalam dunia virtual. Jika pengikutmu banyak dan cuitanmu banyak direspon orang secara konsisten, otomatis pamor kamu terangkat. Ada banyak pengguna twitter yang kemudian menjadi selebtwit,  salah satunya akun @shitlicious.

Nama pemilik akun @shitlicious adalah Alitt Susanto. Pria kelahiran Sragen, Jawa Tengah, ini pernah kuliah di salah satu universitas di Jogja. Cuitannya tersebut pernah menjadi buku yaitu, Shitlicious, Skripshit, dan Relationshit.

Alitt menjadi pengguna twitter pertama kali pada September 2009. Sampai sekarang dirinya memiliki 600 ribu lebih pengikut.  Brilio.net akan membagikan tips dari Alitt untuk meningkatkan popularitasmu di dunia twitter. Simak saja guys.

1. Tweet seputar kehidupan yang dekat dengan lingkunganmu

Dengan cara ini, teman-temanmu akan meretweetnya. Retweet teman bisa berguna seperti buzzer akunmu di kalangan pengikut temanmu. Seperti Alitt, ia tidak pernah menyangka hasil retweet teman-temannya bisa membuat followernya bertambah. "Waktu itu, dalam sehari saya mendapat 2000an follower," ceritanya kepada brilio.net.

2. Bukah hanya ide tetapi juga cara berpikir yang unik

Banyak cara untuk membuat tweet yang menarik. Kamu bisa mengomentari berita-berita aktual dengan cara pandang yang berbeda. Dengan begitu, akan temanmu tertarik untuk meretweetnya. Jangan lupa bahwa twitter adalah media curhat yang praktis, jadi melempar tema-tema baru juga sangat praktis.

3. Cuitkan tema-tema yang baru

Anak muda rentan bosen dengan tema itu-itu saja yang dibicarakan di media sosial. Buatlah tema-tema baru yang berbeda dengan trennya supaya yang sudah bosan bisa melirikmu. Menurut Alitt, "Dua hal  ini akan berdampak kepada tweet kita akan diretweet oleh banyak orang, sehingga orang yang belum follow akan tertarik untuk memfollow".

4. Konsistensi adalah kunci

Di media sosial manapun, kalau kamu tidak ingin dilupakan orang maka kamu harus konsisten melemparkan pikiran-pikiranmu dalam beragam bentuk. Jika keahlianmu adalah merangkai kata, maka teruslah mentweet secara konsisten supaya yang sudah mengenalmu tidak akan lupa. Dan yang belum, akan mengenalmu.

5. Sambungkan dengan media sosial lain

Media sosial, termasuk twitter memiliki fitur untuk menghubungkan media satu dengan yang lain. Dengan memanfaatkan fitur ini kamu bisa menambah lingkaran temanmu di media satu ke media yang lain.

Salah satunya adalah blog. Jika kamu penulis yang produktif, blogmu pasti memiliki pembaca yang setia. Alihkan saja pembaca setiamu ke twitter untuk membaca cuitanmu selain tulisan panjangmu.

6. Self-branding

Self-branding alias pencitraan diri positif akan membuat follower betah. Selalu berikan konten menarik dan menyenangkan, maka orang akan betah menjadi followermu. "Misal, menghindari tweet-war alias perang cuitan, menghindari sindir menyindir atau menebar kebencian," tutur Alitt.

7. Setelah pamormu naik, semakin berhati-hati lah

Seperti quote di film Spiderman, 'In a big number of followers, there’s a big responsibility'. Maka apapun yang kamu bagikan akan memiliki pengaruh terhadap followermu. Jadi semakin berhati-hatilah mengeluarkan tweet agar followermu tidak berubah membencimu. "Apalagi bila itu menyangkut dengan hidup orang lain, maupun nama baik dari sebuah lembaga atau brand," terangnya.

8. Alih-alih bikin kontroversi, berinovasilah secara positif

Persaingan tentu saja ada setelah kamu mengukuhkan posisimu. Daripada bikin kontroversi dengan sainganmu mending berinovasi. Seperti ungkapan Alitt ini, "Persaingan di dunia apapun, bisa diatasi dengan cara selalu berinovasi, dan selalu konsisten. Tanpa inovasi, orang-orang akan bosan dengan 'produk' kita, tanpa konsistensi, orang akan lupa terhadap kita",

Nah, bagaimana kamu tertarik untuk jadi selebtwit?