Brilio.net - Nur Rahma Asri Saraswati prihatin dengan kondisi pertanian Indonesia. Banyak lahan tergeser oleh pemukiman penduduk atau dijual karena dinilai tak produktif. Belum lagi kalau petani masih melakukan aktivitasnya, ada dari mereka yang tak melakukan pengolahan lahan pertanian dengan tepat. Tak berhenti sampai di situ, harga pertanian yang cenderung rendah dan fenomena impor komoditas pertanian juga menjadi fokus perhatian Asri, nama akrab peraih gelar Chemical Engineering–Bioprocess dari University Technology Malaysia ini.

Bersama dengan sang suami, Andika Mahardika, Asri mencoba mengedukasi petani. Bahkan dia rela pindah dari ibu kota ke Desa Sendangrejo, Kecamatan Minggir, Sleman, Jogja sejak tahun 2014 lalu. Di sini dia dan suami dibantu oleh kawan-kawannya mendirikan Komunitas Agradaya, sebuah usaha berbasis komunitas di bidang pertanian.

Perhatian komunitas Agradaya, tidak hanya pada cara bercocok tanam, namun juga bagaimana meningkatkan perekonomian warga. Komunitas ini mengajar ibu-ibu di desa untuk cinta lingkungan sekaligus mengolah hasil pertanian yang sehat. "Dari pertanian yang sehat inilah, nanti akan menjadi makanan yang sehat pula," terang wanita kelahiran Jakarta, 19 Maret 1988 ini .

asri agradaya Istimewa

foto: istimewa

Salah satu wujud hasil komunitas Agradaya ini adalah pendampingan pembuatan emping melinjo oleh para ibu-ibu desa setempat. Komunitas Agradaya memfasilitasi keberadaan bahan baku dan peralatan yang dibutuhkan. Untuk setiap satu kilogram emping yang dihasilkan ibu-ibu, mereka mendapatkan upah Rp 7.000. Usaha ini semakin pesat, yang semula dilakukan satu orang saja, kini sudah banyak ibu rumah tangga yang terlibat.

Bahkan emping hasil perempuan desa ini menembus pasar ekspor. Tidak tanggung-tanggung, setiap bulan ada permintaan satu ton emping ke desa mereka. Bayangkan berapa banyak tambahan rupiah yang bisa dinikmati keluarga desa.

Kegigihan Asri menunjukkan semangat tanpa batasnya untuk #BikinKerenIndonesia. Jika kamu ingin dapat hadiah sambil #BikinKerenIndonesia, kamu cek tautan telkomsel.com/bikinkerenindonesia sekarang juga!