Brilio.net - Pada awal 2019 lalu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengujungi Pulau Belitung. Tak jauh berbeda dari apa yang terlihat di film, Negeri Laskar Pelangi ini sangat khas dengan kecantikannya. Bahkan Susi mengakui keindahan pantai tersebut.

Melalui akun Instagram pribadinya, menteri yang identik dengan kata 'tenggelamkan' ini menyusuri bagian-bagian pantai. Sepanjang pantai itu terlihat pasir yang putih, air laut yang biru, dan area sekitar yang masih dipenuhi pepohonan rindang.

susi ke belitung © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@susipudjiastuti115

"Belitung, 1 Januari 2019. Indonesia sangat kaya, dari kerang di pesisir pantai indah sampai dengan durian yg sangat enak. Saya cinta & bangga Indonesia," tulisnya dilansir brilio.net, Kamis (7/2).

Loading...

Menariknya selain menikmati keindahannya pantai, Susi juga melakukan aktivitas mencari bunga-bunga indah di sana. Bunga-bunga tersebut rencananya akan ditanam di Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

"Saya cari bunga-bunga, banyak untuk ditanem di Pantai Pangandaran," ujarnya.

Sayangnya saat sedang asyik menyusuri pantai, dirinya terkejut saat melihat sebuah pemandangan yang tak sedap. Di salah satu bagian pantai, Susi melihat tumpukan sampah dengan jumlah yang tidak sedikit persis di bibir pantai.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Susi Pudjiastuti (@susipudjiastuti115) on

"Awal tahun di Belitung (1/1) Pantainya indah, pasirnya putih, lautnya biru. Baru jalan sedikit ke pulau banyak tumpukan sampah, mudah mudahan Pemda bisa segera menangani masalah sampah ini. Supaya pantainya cantik, turisnya banyak yg datang. Ayoo datang ke Belitung," sambugnya.

Di bawah pepohonan, terdapat sampah berupa botol minuman, kantong plastik dan bekas bungkus makanan bertumpukan. Padahal pantai tersebut masih memiliki kecantikannya yang luar biasa berupa air yang begitu jernih dan bersih.

Susi menyayangkan jumlah sampah yang ada dan bagaimana sikap para turis yang berkunjung tak dapat menjaga kebersihan pantai. Akibatnya, wanita 54 tahun itu berharap Pemda dapat segera memberikan penanganan terhadap masalah sampah ini.

"Ayo budayakan kebersihan buanglah sampah pada tempatnya, malu dong kalau pantai kita ini bagus dikotori oleh sampah sampah," komentar akun @vabrishio.

"Gak sadar sadar ya bu, apa karena masyarakatnya atau pengelolanya, fasilitas untuk mudah cara biang sampah terkadang pedagang sekitarnya juga yang kurang ramah lingkungan," komentar @sadagori01.

"Tenggelamin aja yg buang sampah sembarangan!!" ujar @prastz.

"Bu mentri kl ketemu org yg buang sampah sembarangan tenggelamkan," tutup @aismozad.