Brilio.net - Lalu Muhammad Zohri, pria asal Lombok, Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu atlet yang sukses mengharumkan nama Indonesia di kanca Internasional. Pria yang akrab disapa Zohri ini berhasil menjadi juara dunia lari 100 meter pada ajang Kejuaraan Atletik U-20 di Tampere, Finlanda, Rabu (11/7). Zohri mampu melewati garis finis dengan catatan waktu hanya 10,18 detik.

Namun di balik keberhasilannya meraih medali emas, rupanya lelaki 18 tahun ini masih tinggal di sebuah rumah yang kondisinya cukup renta. Rumah yang berada di Dusun Karang Pangsor, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat tersebut sangat sederhana.

Dinding pun dominasi dari kayu dan bilik bambu. Pada bagian dalam rumah pun bahkan banyak dinding dilapis koran. Sementara bagian atapnya juga terbuat dari bambu. 

Sebelumnya, pihak keluarga sudah pernah mengajukan bantuan kepada Kepala Desa, sayangnya nama keluarga Zohri tak pernah keluar. Dalam rumah yang sederhana ini atlet Zohri tinggal bersama ketiga kakaknya. Satu mimpi Zohri adalah membeli tanah dan rumah jika kelah sudah mampu.

Mengingat prestasi yang mengharumkan bangsa berbagai apresiasi untuk Zohri muncul. Presiden Joko Widodo kini menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono untuk dapat memperbaiki rumah yang ditempati Zohri.

Loading...

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, potret rumah renta tempat tinggal Zohri di Lombok, Jumat (13/7).

1. Tampak rumah pada bagian luar. Rumah yang berada di Lombok Timur ini sangat sederhana.

rumah zohri © 2018 brilio.net

foto: Facebook/Surya Prabowo

2. Presiden Jokowi merasa bangga atas prestasi yang ditorehkan Zohri untuk Indonesia. Untuk itu Presiden memerintahkan Menteri PU dan Perumahan Rakyat untuk segera merenovasi rumah di kampung halaman Zohri di Lombok.

rumah zohri © 2018 brilio.net

foto: Facebook/Surya Prabowo

3. Sedangkan Bupati Lombok Utara, H Najmul Ahyar juga akan membantu memperbaiki rumah Zohri. Selain itu, seperti dilansir brilio.net dari antaranews, Najmul berkeinginan merekrut Zohri sebagai calon pengawai negeri sipil.

rumah zohri © 2018 brilio.net

foto: Facebook/Surya Prabowo

4. Ini merupakan lemari penyimpanan baju milik Zohri sejak SMP. Di dalam lemari ini ia menyimpan baju sehari-hari, termasuk baju sekolahnya.

rumah zohri © 2018 brilio.net

foto: Facebook/Surya Prabowo

5. Karena rumah dibangun dengan kayu, sehingga diperlukan koran untuk menutupi beberapa bagian. Alas tidur yang terbuat dari kayu hanya dilapisi dengan karpet sederhana.

rumah zohri © 2018 brilio.net

foto: antaranews.com

6. Komandan Korem 162/Wira Bhakti menjelaskan TNI AD segera merenovasi rumah Zohri untuk menjadi rumah yang lebih layak. Tak hanya itu, jika Zohri telah menyelesaikan pendidikannya di tingkat SMA, TNI AD akan memberikan peluang Zohri jalur khusus sebagai Bintara TNI AD.

rumah zohri © 2018 brilio.net

foto: antaranews.com

7. Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berjanji merenovasi rumah Zohri yang ia tinggali bersama kakak-kakaknya tersebut. Menpora akan menggunakan uang pribadi untuk urusan renovasi tersebut. Kempora juga akan menjamin pendidikan Zohri.

rumah zohri © 2018 brilio.net

foto: antaranews.com