Brilio.net - Nama Mark Zuckerberg pasti sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Khususnya bagi kamu yang suka berselancar dan bermain media sosial. Ya, Mark Zuckerberg adalah sosok dibalik media sosial besar Facebook. Pria kelahiran 1984 itu memiliki kekayaan yang berlimpah ruah. Bagaimana tidak, Facebook terus saja berkembang dan maju. Bahkan kini telah berhasil memboyong WhatsApp (WA) dan Instagram (IG) masuk ke lininya.

Pendiri Facebook sendiri yakni Mark Zuckerberg juga masuk ke jajaran 10 orang terkaya di dunia. Menurut data dari Forbes, Mark berhasil menduduki urutan kelima sebagai miliarder atau orang terkaya di dunia. Pada 2019 pendiri dan CEO Facebook itu punya kekayaan USD 73,7 miliar. Jika dirupiahkan bisa mencapai Rp 1.008 triliun.

Punya kekayaan yang begitu menakjubkan, namun kehidupan Mark Zuckerberg dinilai dari kesan mewah. Dilansir dari businessinsider.sg ternyata ia justru memberikan sebagai besar kekayaannya untuk beramal. Mark Zuckerberg hidup dengan gaya busana, mobil, dan gaya keseharian lebih sederhana dibanding miliarder lain.

Ternyata Mark Zuckerberg memiliki beberapa fakta unik. Beberapa yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Apa saja?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (6/2), berikut fakta-fakta menarik Mark Zuckerberg miliarder pendiri Facebook.

Loading...

1. Penghasilan per jam.

fakta unik Mark Zuckerberg instagram

foto: freepik.com

Kepintaran Mark dalam menghasilkan duit bukan isapan jempol belaka. Pada 2018 saja tercatat ia mampu memperoleh kekayaan hingga USD 1,7 juta atau Rp 23,2 miliar per jam.

Jika dihitung per dua menit, dia bisa mendapatkan uang 48.328 USD atau setara dengan Rp 661 juta. Sedangkan penghasilan tahunan Mark Zuckerberg bisa mencapai sekitar USD 15 miliar atau Rp 204 triliun.

2. Kekayaan terus bertambah.

fakta unik Mark Zuckerberg instagram

foto: freepik.com

Meskipun kerap mengalami perubahan dan penurunan keuntungan, tak membuat kekayaan Mark Zuckerberg menurun. Alih-alih turun, uangnya malah semakin bertambah seiring waktu. Setiap tahun sejak IPO Facebook di 2012, dia bahkan mampu menambah kekayaannya hingga USD 9 Miliar atau Rp 122 triliun.

Kemudian, saham Facebook telah meningkat lebih dari 408 persen untuk kapitalisasi pasar yang saat ini berkisar USD 547 miliar atau Rp 7,2 triliun.

Dilansir dari businessinsider.sg, pada 2019 kekayaan bersihnya sempat turun hampir USD 9 miliar atau Rp 122 triliun. Semua itu karena adanya masalah pada Facebook, membuat kekayaan bersihnya ikut turun dari daftar miliarder 2019 di Forbes. Namun, dia berhasil merebut kembali posisinya sebagai orang terkaya kelima di dunia pada 29 Januari 2020.

3. Memotong gajinya sampai USD 1.

fakta unik Mark Zuckerberg instagram

foto: Instagram/@zuck

Mark Zuckerberg percaya kalau ia mampu hidup dengan gaji tahunan USD 1. Mungkin suatu kalimat yang menakjubkan, apabila seorang miliarder hanya ingin digaji USD 1 saja.

Sungguh tak bisa dipercaya. Padahal dia mampu menghasilkan USD 770.000 atau Rp 10,5 miliar dari gaji dan bonus saham dari Facebook. Alhasil, ia  memotong gajinya sendiri sampai USD 1 atau Rp 13.665.

4. Gaya pakaiannya dinilai itu-itu saja.

fakta unik Mark Zuckerberg instagram

foto: Instagram/@zuck

Jika diperhatikan secara seksama, gaya busana Mark Zuckerberg cenderung menggunakan busana yang jauh dari kata formal. Bahkan tak jarang ia kerap mengenakan busana kaus saja. Tak ayal membuat anggapan kalau pendiri Facebook itu sering menggunakan kaus yang itu-itu saja.

Dominan kaus abu-abu, dipadukan dengan celana jeans dan sepatu skate. Alasannya ternyata cukup sederhana, Mark tak ingin menghabiskan waktu hanya untuk memilih pakaian saat hendak kerja.

5. Pengeluaran rumah tangga kecil.

fakta unik Mark Zuckerberg instagram

foto: Instagram/@zuck

Punya kekayaan yang luar biasa, namun ia lebih memilih mempersunting wanita yang berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja. Tak lain adalah wanita bernama Priscilla Chan.

Pertemuan keduanya pun terbilang sangat unik. Mereka bertemu saat sama-sama mengantre di toilet kampus. Seperti yang sudah diketahui, pernikahan keduanya juga dilakukan dengan cara yang sederhana.

Acara pernikahan digelar di halaman rumah mereka dan hanya mengundang 100 tamu undangan saja. Jumlah yang cukup sedikit untuk ukuran orang terkaya di dunia bukan?

Nggak berhenti di situ saja, diketahui kalau rata-rata pengeluaran rumah tangga Mark Zuckerberg dan sang istri ditaksir hampir USD 850.000 atau 11,622 miliar setahun. Setara dengan rata-rata pengeluaran rumah tangga Amerika Serikat, yang senilai USD 848.920 atau Rp 11,6 miliar.

6. Kekayaan bersih Mark Zuckerberg lebih besar dari pada gabungan PDB Yordania, Nikaragua, dan Barbados.

fakta unik Mark Zuckerberg instagram

foto: Instagram/@zuck

PDB atau Produk Domestik Bruto dari Yordania, Nikaragua, dan Barbados, jika digabungkan masih lebih besar dari pada kekayaan bersih dari Mark Zuckerberg. PDB Yordania adalah sekitar USD 46,4 miliar atau Rp 633 triliun, Nikaragua adalah USD 12,5 miliar atau Rp 170 triliun, dan Barbados adalah USD 5,3 miliar atau Rp 72 triliun.

7. Bos tapi punya kursi sama dengan karyawan.

fakta unik Mark Zuckerberg instagram

foto: Instagram/@zuck

Selaku pendiri dan CEO dari Facebook, tak membuatnya ingin dipandang lebih. Dia adalah bos besar di kantor Facebook, tapi lebih memilih duduk di meja kerja yang sama dengan para karyawannya, dibanding duduk di kursi dan meja kerja yang mewah.