×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Fakta Siti Oetari mantan istri Soekarno dan juga nenek Maia Estianty

View Image

0

BRILIO » Sosok

5 Fakta Siti Oetari mantan istri Soekarno dan juga nenek Maia Estianty

Pernikahan kedua Siti Oetari dikaruniai seorang putra yang merupakan ayah kandung Maia Estianty.

18 / 06 / 2019 17:50

Brilio.net - Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. H. Soekarno tercatat memiliki sembilan orang istri selama hidupnya. Sembilan wanita tersebut memiliki pesona dan latar belakang kisah asmara yang berbeda sebelum akhirnya memilih menjadi istri Soekarno.

Selain nama Fatmawati dan Ratna Sari Dewi, publik tak banyak yang mengetahui siapa sosok wanita yang menjadi istri pertama Soekarno. Ialah Siti Oetari, putri dari Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto, pemimpin Sarekat Islam. Oetari dipersunting Soekarno pada tahun 1921 di Surabaya. Pada saat itu Soekarno menumpang di rumah HOS Tjokroaminoto ketika sedang menempuh pendidikan di sekolah lanjutan atas.

Dalam otobiografi Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia yang disusun Cindy Adam, Bung Karno mengatakan pernikahan dengan Oetari dilakukan karena rasa hormatnya kepada Tjokroaminoto. Selepas istrinya meninggal, Tjokroaminoto merasa cemas karena Oetari belum menemukan jodoh.

Atas usulan adik Tjokoaminoto, Soekarno diminta menikahi Oetari. Jika dipenuhi, usul itu dianggap mampu meringankan Tjokroaminoto. Permintaan menikah dengan Oetari pun diterima. Soekarno berharap pernikahannya dengan Oetari dapat meringankan beban Tjokroaminoto yang ia anggap sebagai guru dan orangtua.

Beberapa saat sesudah menikah, Soekarno pun meninggalkan Surabaya, pindah ke Bandung untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di THS (sekarang ITB). Setelah dua tahun menikah, Soekarno kemudian menceraikan Oetari secara baik-baik.

Loading...

Siti Oetari tak memiliki keturunan dari Soekarno, hal tersebut dikarenakan keduanya tak pernah melakukan hubungan layaknya suami Istri selama menikah. Soekarno bahkan mengatakan tidak pernah 'menyentuh' Oetari. Oetari tetap dijaganya dalam keadaan 'suci.' Namun, bukan berarti karena Soekarno tidak menyayangi Oetari.

Untuk kamu yang penasaran dengan siapa sosok Siti Oetari ini berikut brilio.net rangkum beberapa fakta tentang Siti Oetari dari berbagai sumber, Selasa (18/6).

1. Siti Oetari merupakan istri pertama Soekarno sebelum ia menjadi presiden.

Fakta Siti Oetari © 2019 brilio.net-foto: id.wikipedia.org

Siti Oetari merupakan istri pertama Soekarno sebelum ia menjabat sebagai Presiden Indonesia. Soekarno menikahi Oetari usianya belum genap 20 tahun. Siti Oetari sendiri waktu itu berumur 16 tahun.

2. Siti Oetari adalah putri sulung dari HOS Cokroaminoto.

Fakta Siti Oetari © 2019 brilio.net-foto: id.wikipedia.org

Siti Oetari Tjokroaminoto lahir pada tahun 1905 di Yogyakarta, Hindia Belanda. Ia adalah putri tertua dari lima bersaudara pasangan H. Oemar Said Tjokroaminoto dan Suharsikin. Dia mempunyai empat orang adik termasuk Harsono Tjokroaminoto, mantan menteri dalam beberapa jabatan menteri di Indonesia.

3. Alasan pernikahan Siti Oetari dengan Soekarno adalah karena Soekarno merasa simpati melihat ibu Siti Oetari.

Fakta Siti Oetari © 2019 brilio.net-foto: id.wikipedia.org

Pada tahun 1921, Oetari yang berusia 16 tahun, menikah dengan seorang murid ayahnya yang tinggal di rumah mereka, Soekarno Sosrodihardjo yang berusia 20 tahun di Surabaya. Alasan pernikahan mereka adalah karena Soekarno merasa simpati melihat ibu Oetari, Suharsikin yang sakit parah. Akhirnya Soekarno menikahi Oetari.

Namun setelah itu, Soekarno meninggalkan Surabaya untuk menempuh pendidikan di THS, Bandung. Pada tahun 1923, Soekarno mendatangi Oetari, HOS Tjokroaminoto dan keluarganya untuk menceraikan Oetari secara baik-baik.

4. Soekarno adalah suami pertama Siti Oetari.

Fakta Siti Oetari © 2019 brilio.net-foto: id.wikipedia.org

Setelah bercerai di usia 18 tahun, Siti Oetari kembali menikah pada tahun 1924 di usia 19 tahun dengan seorang bernama Sigit Bachroensalam. Dari pernikahan kedua Siti Oetari ini dikaruniai seorang putra yang bernama Ir. Harjono Sigit Bachroensalam yang lahir pada 21 September 1939.

5. Siti Oetari memiliki cucu yang bernama Maia Estianty dari pernikahan keduanya.

Fakta Siti Oetari © 2019 brilio.net-foto: Instagram/@maiaestiantyreal

Pernikahan kedua Siti Oetari ini sekaligus menjadi yang terkahir setelah Sigit meninggal pada tahun 1981 dan meninggalkan Oetari sebagai janda di usia 76 tahun. Anak Siti Oetari yang bernama Ir. Harjono Sigit Bachroensalam ini akhirnya menikah dengan Khustini.

Pernikahan keduanya dikarunia enam orang bernama Hendy Sutanto, Winny Sulistianti, Pingky Evianti, Astri Meriyanti, Maia Estianty, dan Syntia Livianti. Beberapa waktu lalu Maia pun sempat menuliskan keterangan di Instagramnya bahwa Siti Oetari merupakan neneknya. Maia juga menuliskan Siti Oetari juga merupakan istri pertama Soekarno.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    20%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    60%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    20%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more