Brilio.net - Miss World Australia 2017 baru saja dihelat seminggu yang lalu. Tepatnya pada Jumat (14/7) malam di Grand Hyatt ballroom Melbourne, Australia, juri Miss World Australia mengumumkan seorang muslimah sebagai pemilik mahkota ratu kecantikan Australia yang baru.

Esma Voloder, gadis 25 tahun keturunan Bosnia yang berhak atas mahkota mutiara Miss World Australia 2017 tersebut.

Sosok gadis satu ini ternyata mencuri perhatian publik Australia, baik pujian berdasarkan kisah inspiratif yang dia miliki, maupun cibiran atas kemenangannya dalam ajang kecantikan di Australia tersebut.

Nah, berikut ini brilio.net telah merangkum dari beberapa sumber, Sabtu (22/7), fakta-fakta tentang Esma Voloder beserta potret sang Miss World Australia 2017.


1. Seorang model bertalenta.

Esma Voloder berbagai sumber

foto: instagram/@esmavoloder


Dikutip dari laman news.com.au dan Fashion Result Models, Esma merupakan model yang sudah banyak menjalani pemotretan. Selain berbakat menjadi model, dia juga pandai ngedance dan bermain piano.


2. Pengungsi Bosnia.

Esma Voloder berbagai sumber

foto: instagram/@esmavoloder


Esma adalah keturunan warga Bosnia. Dia lahir di sebuah kamp pengungsian setelah orangtuanya meloloskan diri dari perang Bosnia. Kemudian dia dan keluarga pindah ke Australia dan menetap di sana hingga sekarang.


3. Seorang muslimah.

Esma Voloder berbagai sumber

foto: instagram/@esmavoloder


Esma adalah seorang muslimah. Untuk foto di atas, dia berpose bersama makeup artist yang membantunya selama menjalani ajang Miss World Australia 2017.


4. Lulusan jurusan Psikologi.

Esma Voloder berbagai sumber

foto: instagram/@esmavoloder


Esma merupakan alumni jurusan Psikologi yang fokus pada topik kecemasan, depresi, dan trauma.


5. Pekerjaannya berkutat dalam bidang kriminal.

Esma Voloder berbagai sumber

foto: instagram/@rosannafaraci via Instagram/@esmavoloder


Gadis berambut panjang ini menerapkan ilmu psikologinya untuk pekerjaan yang terkait dengan penyelidikan kejahatan kriminal.


6. Hobi banget menggambar anime.

Esma Voloder berbagai sumber

foto: instagram/@esmavoloder


Esma suka sekali menggambar anime. Bahkan gambarnya tersebut dijadikan sebagai sarana menggalang dana untuk anak-anak Australia yang kurang beruntung, saat dia menjalani audisi Miss World Australia.


7. Prinsip hidup Esma.

Esma Voloder berbagai sumber

esma saat bersama saudaranya - foto: instagram/@esmavoloder


Esma memiliki prinsip sebagai berikut.

"... despite what your personal beliefs are, if we all believe in what is good, we can work together and make this world a beautiful and livable place while we are here." (... terlepas dari apa yang menjadi keyakinan pribadimu, jika kita semua percaya pada apa yang baik, kita dapat bekerja sama dan menjadikan dunia ini tempat yang indah dan layak huni saat kita berada di sini) ungkapnya saat meraih mahkota Miss World Australia 2017 di Grand Hyatt ballroom Melbourne, Australia pada Jumat malam (14/7) waktu setempat.


8. Bersaing dengan banyak wanita dalam Miss World Australia 2017.

Esma Voloder berbagai sumber

esma bersama ibunda saat kelulusan - foto: Instagram/@esmavoloder


Esma berhasil mengalahkan 27 kontestan Miss World Australia 2017 lainnya.


9. Nilai mahkota Miss World Australia 2017 yang diterima Esma.

Esma Voloder berbagai sumber

foto: instagram/@@smokingmirrorphotography via instagram/@esmavoloder


Mahkota cantik bertahtakan mutiara yang diterima Esma bernilai AUD (Australian Dollar) 68.000 atau setara Rp 717 juta.


10. Mendapat protes warga Australia atas prestasinya meraih mahkota Miss World Australia 2017.

Esma Voloder berbagai sumber

foto: instagram/@esmavoloder


Esma sempat mendapat protes warga Australia yang menganggap bahwa sebagai wanita muslim, dia tak pantas menang dalam ajang kecantikan tersebut.

Deborah Miller selaku national director Miss World Australia menyampaikan kepada The Daily Telegraph bahwa semenjak pengumuman kemenangan Esma, banyak telepon masuk yang menyatakan keberatan.

"Orang berkata 'Bagaimana bisa kamu membiarkan seorang muslim menang?'. Kami percaya Esma adalah wanita yang hebat dan mewakili multikultural di Australia," ungkap Deborah.

Menanggapi serangan para warga yang tak terima, Esma membalasnya tanpa dendam. Dia menyatakan bahwa hidup terlalu singkat untuk hal-hal negatif.

"I forgive them ... I feel it comes from a lack of understanding," (Saya memaafkan mereka... Saya merasa itu disebabkan kurangnya pemahaman) ujar Esma.