Brilio.net - Belva Devara memutuskan mengundurkan diri sebagai salah satu Staf Khusus Presiden Joko Widodo. Kabar ini disampaikan Belva kepada publik melalui akun pribadi Instagram-nya pada Selasa (21/4).

CEO Ruangguru itu menyampaikan alasan pengundurannya karena tidak ingin menimbulkan polemik mengenai persepsi publik tentang posisinya sebagai Staf Khusus Presiden. Seperti yang kamu tahu, Ruangguru terlibat dalam program Kartu Prakerja yang ramai bicarakan beberapa waktu ini.

"Berikut ini saya sampaikan informasi terkait pengunduran diri saya sebagai Staf Khusus Presiden. Pengunduran diri tersebut telah saya sampaikan dalam bentuk surat kepada Bapak Presiden tertanggal 15 April 2020, dan disampaikan langsung ke Presiden pada tanggal 17 April 2020," begitu kabar yang disampaikannya.

Kabar mundurnya Belva dari Staf Khusus Presiden tentu mengejutkan banyak pihak. Namun tak sedikit juga apresiasi yang diberikan dengan keputusan pria 29 tahun itu. Belva Devara diperkenalkan Presiden Joko Widodo sebagai staf khusus pada November 2019 lalu. Bersama enam anak muda lainnya, Belva menjadi anggota staf khusus millenial.

Diakui Belva, dengan waktu yang singkat ia mendapat banyak pengalaman selama menjadi Staf Khusus Presiden. Belva juga mengucapkan terimakasih kepada Presiden Jokowi yang sudah memahami dan menerima pengunduran dirinya.

Loading...

"Walau singkat, sungguh banyak pengalaman dan pelajaran yang saya dapatkan dari pekerjaan sebagai Stafsus Presiden. Saya merasakan betul bagaimana semangat Bapak Presiden Jokowi dalam membangun bangsa dengan efektif, efisien, dan transparan. Sehingga di mana pun saya berada, di posisi apa pun saya bekerja, saya berkomitmen mendukung Presiden dan Pemerintah untuk memajukan NKRI," ujar Belva.

Menjalani jabatan sebagai Staf Khusus Presiden selama 5 bulan, Belva kerap terlibat dalam beberapa diskusi bersama para petinggi negara. Belva Devara juga sering membagikan gagasan dan hasil rapat yang ia dapatkan.

Seperti apa saja momen Belva ketika menjadi Staf Khusus Presiden? Berikut ulasan brilio.net pada Rabu (22/4) dari Instagram @belvadevara.

1. Belva Devara terpilih sebagai Staf Khusus Presiden periode 2019-2024 untuk bidang Inovasi.

foto: Instagram/@belvadevara

2. Sebagai seorang Staf Khusus atau Stafsus, ia kerap berdiskusi dengan Presiden dan juga para Menteri.

foto: Instagram/@belvadevara

3. Selama menjabat sebagai Stafsus, ia juga sering membagikan kegiatan yang ia lakukan dalam pekerjaannya.

foto: Instagram/@belvadevara

4. Dalam salah satu unggahannya, ia menjelaskan bagaimana cara pemerintah dalam mengembangkan sektor pariwisata.

foto: Instagram/@belvadevara

5. Ketika melakukan kunjungan bersama Presiden ke Banten pada akhir 2019 lalu, Belva menilik langsung permasalahan pada berbagai sektor seperti kesehatan, UKM, dan perindustrian.

foto: Instagram/@belvadevara

2 dari 2 halaman

6. Selain turut dalam kunjungan Presiden, Belva juga dilibatkan dalam berbagai rapat untuk memberikan inovasi segar kepada pemerintah.

foto: Instagram/@belvadevara

7. Belva juga mengungkapkan bahwa tugas para Stafsus millenial adalah memberikan ide kreatif dengan pikiran digital.

foto: Instagram/@belvadevara

8. Tak hanya berdiskusi dengan menteri Indonesia, Belva juga bertukar ide dengan Staf Khusus Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad pada Februari lalu.

foto: Instagram/@belvadevara

9. Keputusan Belva mundur sebagai Stafsus Presiden masih ramai diperbincangkan. Bahkan Belva sempat menjadi trending topic di Twitter.

foto: Instagram/@belvadevara

10. Meskipun anggota Stafsus millenial berkurang satu, banyak pihak yang berharap hal itu menjadi keputusan yang terbaik.

foto: Instagram/@belvadevara