Brilio.net - Tradisi bancakan belakangan ini sedang ngetren. Banyak rumah makan dan kafe-kafe mulai mengadopsi tradisi yang berasal dari Jawa Barat tersebut. Bahkan, para artis dan sosialita pun sering terlihat tak segan untuk makan ala bancakan.

Contohnya seperti apa yang terlihat dalam foto yang diunggah oleh Teguh Priyanto berikut ini. Teguh, yang merupakan manajer dari artis-artis FTV mengunggah foto makan ala bancakan lewat akun Instagramnya.

Dalam foto itu tampak beberapa wanita cantik sedang asyik duduk di lantai. Mereka kompak berpakaian serba putih. Di tengah mereka terlihat makanan berisi nasi, sayur, dan beragam lauk pauk berada di atas wadah dari daun pisang.

geng sosialita makan bergaya bancakan © 2017 instagram

Ya, makan ala bancakan merupakan tradisi asli Pulau Jawa, khususnya Jawa Barat. Orang-orang akan menikmati aneka lauk, nasi, sayur, dan sambal dalam satu wadah yang biasanya terbuat dari daun pisang.

Loading...

Dalam tradisi Jawa, bancakan biasanya merupakan bagian dari selamatan yang diadakan sebagai bentuk rasa syukur untuk memperingati kelahiran. Bancakan mempunyai filosofi yang sudah mengakar dalam masyarakat.

Saat makan bersama dalam satu wadah, setiap orang duduk rendah mengelilingi makanan. Mereka yang duduk akan dianggap sama derajat dan statusnya. Tidak peduli apakah orang kaya, miskin, orang tua atau anak muda.

Tidak ada pula perasaan jijik karena makan bersama dalam satu wadah. Budaya ini mencerminkan semangat gotong-royong, kerukunan, dan keakraban dalam bermasyarakat.

Nah kalau geng sosialita seperti di atas saja tak malu makan ala bancakan, kamu pasti juga tak segan untuk melestarikan budaya yang sudah turun temurun diwariskan dari nenek moyang ini, kan?