Tanpa air beras atau mawar, ini trik bikin pori-pori kecil dan tak tersumbat pakai 1 topping kue

Tanpa air beras atau mawar, ini trik bikin pori-pori kecil dan tak tersumbat pakai 1 topping kue

Brilio.net - Pori-pori adalah komponen penting dalam struktur kulit manusia, berupa lubang kecil yang tersebar di seluruh permukaan tubuh, menutupi akar-akar rambut. Selain menjadi tempat pertumbuhan rambut di kulit, pori-pori memiliki peran yang signifikan dalam menjaga keseimbangan kulit. Hal ini dilakukan dengan cara melepaskan keringat dan sebum untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.

Walaupun memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan kulit, ukuran pori-pori yang membesar justru bisa menjadi sumber masalah. Melebarnya pori-pori umumnya disebabkan oleh peningkatan aktivitas kelenjar sebum untuk memproduksi banyak minyak. Hal ini berdampak pada menempelnya kotoran, sel kulit mati, dan bakteri pada kulit, yang berlanjut dengan menyumbat rongga tersebut. Apabila tidak dibersihkan dengan baik, hal ini dapat berujung pada pembentukan komedo dan jerawat.

Terdapat pula beberapa faktor eskternal yang dapat membuat ukuran pori-pori membesar, terutama terkait dengan cuaca panas dan polusi. Cuaca panas akan merangsang pori-pori untuk membuka lebar demi menyesuaikan suhu tubuh, sementara polusi sendiri dapat merusak sel-sel kulit. Alhasil, kondisi ini akan semakin memudahkan kotoran terperangkap di rongga pori-pori, sehingga membuat kulit terasa kasar.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES