Tak perlu suntik botoks, ini trik agar wajah keriput dan kendur jadi kenyal pakai 1 jenis umbi-umbian

Tak perlu suntik botoks, ini trik agar wajah keriput dan kendur jadi kenyal pakai 1 jenis umbi-umbian

Brilio.net - Salah satu efek penuaan yang paling jelas terlihat saat bertambah usia adalah semakin banyaknya keriput dan garis halus. Tanda-tanda ini merupakan bagian dari proses penuaan wajah, yang membuat kulit menjadi mengendur. Kondisi ini tak jarang bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang atas penampilannya.

Dari segi biologis, penuaan membuat kulit kehilangan kekencangan dan elastisitas akibat berkurangnya produksi kolagen dan elastin. Kolagen dan elastin merupakan komponen penting yang menyusun dan mempertahankan struktur kulit setiap orang. Apabila jumlahnya semakin menurun, hal ini jelas akan berdampak pada perubahan tekstur dan struktur kulit, sehingga menimbulkan tanda-tanda penuaan tadi.

Namun begitu, kemunculan tanda-tanda penuaan tadi tidaklah hanya terjadi saat umur bertambah. Paparan sinar matahari dan polusi juga berdampak besar dalam merusak tatanan kolagen dan elastin di dalam kulit, sehingga mempercepat penuaan kulit. Selain itu, kebiasaan buruk seperti merokok, kurang tidur, hingga stres juga diketahui dapat menghasilkan hormon perusak struktur kolagen dalam kulit.

Akan tetapi, kini hampir setiap orang bisa membeli produk skincare yang diformulasikan untuk mengatasi masalah ini. Namun, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai bahan alami sebagai solusi alternatif yang nggak kalah efektif lho.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES