Tak perlu beli retinol, ini trik bikin kulit kering berkeriput kembali mulus pakai 1 sumber karbo

Tak perlu beli retinol, ini trik bikin kulit kering berkeriput kembali mulus pakai 1 sumber karbo

Brilio.net - Kulit kering adalah jenis tipe kulit yang cenderung kehilangan kelembapan pada lapisannya secara cepat. Dikarenakan minimnya komponen hidrasi alami dalam kulit, hal ini menyebabkan lapisan pelindung pada orang dengan tipe kulit kering pada umumnya cukup lemah. Biasanya, orang yang memiliki tipe kulit ini seringkali mengalami ketidaknyamanan seperti rasa kulit yang ketat, kemerahan, hingga gatal-gatal sekalipun.

Faktor utama mengeringnya kulit adalah pengaruh dari dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi tubuh yang kekurangan cairan sehingga kehilangan kelembapan alaminya. Dehidrasi kulit sendiri juga dapat diperparah oleh paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari yang memiliki efek mempercepat penguapan atas kelembapan alami kulit, serta merusak serat kolagen serta elastin di dalam kulit.

Nah, kerusakan serat kolagen dan elastin inilah yang membuat kulit kering rentan memiliki tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis-garis halus. Hal ini dikarenakan produksi kolagen dan elastin sebagai komponen penting yang mempertahankan elastisitas kulit sangat tergantung pada tingkat kelembapan kulit. Dengan kata lain, penurunan kelembapan kulit akan mempengaruhi berkurangnya produksi kedua komponen tadi, sehingga memicu munculnya tanda penuaan di kulit.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES