Bersih tanpa porepack, ini trik kurangi komedo berlebih di wajah berminyak pakai 2 bahan pemanis

Bersih tanpa porepack, ini trik kurangi komedo berlebih di wajah berminyak pakai 2 bahan pemanis

Brilio.net - Komedo merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang umumnya mulai timbul ketika seseorang menginjak usia remaja. Dalam ranah medis, komedo merupakan permasalahan pada kulit yang timbul akibat penyumbatan pori-pori kulit oleh kotoran, sel kulit mati, dan sebum (minyak alami kulit). Penyumbatan yang menumpuk di rongga pori-pori ini kemudian akan menampakkan bintik gumpalan kotoran di permukaan kulit.

Komedo dapat muncul dalam dua varian, yaitu komedo putih (whiteheads) dan komedo hitam (blackheads). Whiteheads terbentuk ketika pori-pori kulit tertutup oleh lapisan kulit yang menyebabkan sebum dan kotoran terjebak di bawah lapisan kulit. Sebaliknya, komedo hitam terbentuk ketika pori-pori kulit tetap terbuka sehingga kotoran tersebut mengalami oksidasi akibat interaksi dengan udara, menghasilkan warna hitam pada permukaan komedo.

Salah satu tipe kulit yang sering terkena masalah ini adalah kulit berminyak. Pasalnya, tipe kulit ini cenderung mengeluarkan banyak sebum di luar batas normal akibat tingkat keaktifan kelenjar minyak yang tinggi. Kondisi ini bisa dipengaruhi oleh faktor hormon hingga kondisi cuaca panas menyengat yang merangsang pembesaran pori-pori dan kelenjar sebum, sehingga memudahkan kotoran menempel dan mengakibatkan pembentukan komedo.

Bagi kamu yang menghadapi masalah ini, nggak perlu bingung. Soalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif yang efektif selain menggunakan produk komersil.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES