Brilio.net - Pemblokiran mikroblog Tumblr oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Senin (5/3) malam, mulai pukul 21.00 WIB menjadi sorotan. Pasalnya tak sedikit warganet yang menyayangkan tindakan tersebut.

Pihak Kominfo melalui akun resminya @kemkominfo, Selasa (6/3), memberikan penjelasan terkait tindakan pemblokiran tersebut. Tim Aduan Konten Kominfo menyatakan telah menerima aduan dari masyarakat terkait konten asusila di platform tersebut. Setelah dilakukan penelusuran dan analisa konten, terdapat lebih dari 360 akun asusila.

Selain itu, pihak Kominfo menjelaskan bahwa Tumblr tidak memiliki mekanisme dan report tools untuk melaporkan konten asusila. Pada 28 Februari 2018, Tim Aduan Konten kemudian mengirimkan notifikasi melalui email kepada Tumblr dan meminta untuk membersihkan platformnya dari konten-konten asusila, dengan batas waktu penanganan maksimum 2 x 24 Jam.

Loading...

Sampai lewat batas waktu, tidak ada respons dari Tumblr, sehingga Kominfo melakukan tindakan pemblokiran terhadap 8 DNS pada Senin 5 Maret 2018 sore. Hingga saat ini, Tumblr tak bisa diakses melalui beberapa penyedia jasa internet, yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat, dan Biznet.

Warganet pun memberikan tanggapan beragam. Tak sedikit yang menyesalkan tindakan pemblokiran tersebut.

"Saya sedih sekali krn tumblr ympt sy share kreasi sy utk game @TheSims dan tempat saya bertemu orang2 yg membantu saya dengan basic 3d program hingga saya bisa membuat kreasi untuk game, dan bnyk yg mengapresiasi kreasi saya. apkh akn ad petisi utk hal ini?" tulis @adedarmawan.

"Semoga segera dibuka blokir nya. Aku juga jadi deg-degan nih nasib blog aku kalau terus main blokir gini..." komentar @sissassy. Sebagian warganet lebih memilih Kominfo memberantas konten asusila daripada memblokir aplikasinya. "@kemkominfo Save tumblr, musnahkan konten/akunnya bukan platform," komentar @komarudinmz.