Brilio.net - Pandemi virus corona Covid-19 nggak mengurangi semangat Ramadan tahun ini. Kamu pun tetap bisa mengisi Ramadan dengan aktivis positif, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Salah satu bentuk mengisi semarak Ramadan ini ditunjukkan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Tempat kuliah Presiden Jokowi itu akan menghelat Gebyar Ramadan Mardliyyah pada Minggu (10/5) pukul 20.00-22.00 WIB.

Acara ini untuk memperingati Nuzulul Quran 1441 H, sekaligus soft launching Masjid Kampus Mardliyyah UGM. Kegiatan ini bagian dari paket program Ramadan di Kampus (RDK) 1441/2020 Masjid Kampus Mardliyyah UGM.

gebyar ramadan ugm mardliyyah

Gebyar Ramadan Mardliyyah dikemas dalam bentuk talkshow dan dialog. Para pembicara yaitu, M Nur (Qori Internasional), Pratikno (Ketua Majelis Wali Amanat/MWA dan Menteri Sekretaris Negara), Erick Thohir (Menteri Badan Usaha Milik Negara), Ustaz Yusuf Mansur, Alissa Wahid (Koordinator nasional jaringan Gusdurian), Ismail Fajrie Alatas (Professor Islamic Studies di New York University, AS), Ghufron Mustaqim (Founder Evermos), Shultan Farras (Presiden BEM UGM), serta Noe (vokalis Letto). Acara dipandu oleh Prabu Revolusi (jurnalis), Wirda Mansur (influencer), Rangga Almahendra (akademisi dan aktivis), dan Shazza Belladona (TV host program Moslem Travellers).

Loading...

Acara ini terbagi dalam tiga segmen. Pertama, bertajuk "Iqra: Membaca Dinamika Jaman dari Beragam Perspektif", kedua "Hikmah Nuzulul Quran", dan ketiga dialog bertajuk "Yang Muda, yang Cerdas Beragama, dan Berkontribusi bagi Bangsa". Tema yang didiskusikan adalah "Spiritualitas Kaum Muda" serta "Anak Muda dan Pemberdayaan Umat".

Untuk memeriahkan acara, akan diiringi penampilan musik spesial dari Noe Letto dan Sharla Martiza.

Dalam acara ini juga akan dilakukan acara penggalangan dana "Mardlliyyah Peduli", bekerja sama dengan Kitabisa.com. Penggalangan dana ini nantinya akan dilanjutkan Konser Amal Masjid Kampus Mardliyah UGM.

Saluran live streaming

Gebyar Ramadan Mardliyyah ini dapat diakses secara gratis melalui live streaming kanal YouTube resmi Universitas Gadjah Mada di laman https://www.youtube.com/user/UGMOfficial, Instagram Live di akun @rdkmardliyyah_UGM, siaran langsung TVRI Jogja, serta siaran tunda TVRI nasional. Acara ini juga dipromosikan lewat jejaring dan radio komunitas, lokal dan nasional.

Melalui acara ini masyarakat, khususnya generasi muda, diharapkan dapat memaknai Ramadan yang berbeda di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, tentunya tetap semangat dan antusias dalam beribadah dan memperkaya pengetahuan.