1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Serius
Syifa Fauziah 10 Agustus 2017 21:30

Terungkap, ini alasan masyarakat tak gemar konsumsi ikan

Ikan memang banyak kandungan baik untuk tubuh.

Brilio.net - Sebagai negara dengan wialayah hampir 70 persen di kelilingi lautan, tentu kekayaan biota lautnya melimpah. Ya, Indonesia memang terkenal dengan kekayaan biota laut yang tidak dimiliki oleh negara lain. Tak heran, Indonesia menjadi salah satu pengekspor ikan terbesar.

Namun sayangnya, meski kekayaan ikannya melimpah, masih banyak masyarakat yang tidak mengkonsumsi ikan. Alhasil banyak masyarakat yang mengalami gizi buruk akibat kurangnya asupan protein dalam tubuhnya.

Menurut Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki, ada beberapa alasan konsumsi ikan di Indonesia terbilang rendah, hanya 32 kilogram per tahun per kapita. Catatan itu tertinggal jauh dibanding Jepang yang sudah mencapai lebih dari 72 kilogram per tahun per kapita.

"Ikan memang banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Namun justru kebanyakan ikan yang bersih, segar, dan sehat tidak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain itu juga rasa amis dan banyak duri yang membuat masyarakat Indonesia tidak mau mengkonsumsi ikan," jelasnya kepada media saat konfrensi pers di Gand Indonesia, Jakarta, Kamis (10/8).

Lanjut dia, rupanya kegemaran masyarakat mengkonsumsi daging merah ketimbang ikan juga jadi faktornya. Da mitos yang berkembang jika makan ikan tidak sehat.

BRILIO VIDEO

Cara Tak Tertular Saat Musim Flu Dan Batuk
Sebelum kena flu atau batuk, baiknya intip cara agar tak mudah tertular penyakit yang sering menyerang di musim hujan tersebut ya guys.

"Banyak yg menganggap makan ikan tidak sehat dan mitos lain. Ada juga yang mikir makan ikan menunya begitu saja. Kalau nggak dibakar ya digoreng, beda sama daging. Dan mereka merasa makan daging itu keren. Hal seperti itu yang harus dijawab," ujarnya.

Sependapat dengan Teten, Chef Vindex Tengker pun juga mengatakan bahwa masyarakat Indonesia lebih bangga mengkonsumi daging ketimbang ikan. Makan daging di masyarakat dicap sebagai simbol kelas sosial tinggi.

"Dengan makan daging, banyak orang merasa naik kelas. Karena daging yang memang memiliki harga yang cukup mahal," tutupnya.

(brl/fen)

YOU MAY ALSO LIKE

Cowok Pintar vs Cowok Tajir
Kira-kira kalau harus milih, cewek lebih suka cowok pintar atau cowok tajir, ya? Yuk, cari tahu pendapat mereka hanya di Brilio.net!
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Terungkap, ini alasan masyarakat tak gemar konsumsi ikan.
Ikan memang banyak kandungan baik untuk tubuh.
https://www.brilio.net/serius/terungkap-ini-alasan-masyarakat-tak-gemar-konsumsi-ikan-170810t.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?