Brilio.net - Adanya pandemi Covid-19 memberikan dampak buruk terhadap perekonomian masyarakat Indonesia. Pembatasan aktivitas masyarakat tentu berpengaruh besar pada aktivitas bisnis, yang kemudian berimbas pada perekonomian.

Tak sedikit perusahaan yang bangkrut, bisnis sepi, sehingga membuat seseorang harus mengatur strategi ulang agar tetap bertahan di kondisi pandemi. Sektor perhotelan adalah yang paling terdampak saat pandemi Covid-19 menyerang. Banyak pengusaha perhotelan yang terpaksa menjual asetnya karena tak ada pemasukan di tengah pandemi.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jakarta, Sutrisno mengatakan, fenomena menjual hotel memang sudah terjadi dan tidak hanya di Jakarta saja. Mereka terpaksa mengambil pilihan tersebut karena tidak kuat menahan dampak pandemi Covid-19.

"Akibat pandemi, itu lebih banyak yang jual hotel. Kalau dilihat di iklan-iklan online itu banyak sekali, sudah banyak di Jakarta," kata Sutrisno.

Hotel-hotel tersebut dijual melalui platform jual beli online, dengan dibanderol harga bervariasi, yakni mencapai miliaran rupiah. Berikut 5 hotel yang dijual secara online, dihimpun brilio.net dari merdeka.com pada Jumat (5/2)

1. GP Mega Kuningan Hotel.

Hotel dijual secara online © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@gpmegakuninganhotel


Di dalam situs jual beli online, awalnya hotel GP Mega Kuningan dibanderol dengan harga Rp125 miliar. Namun, pelapak memberi diskon sehingga harganya menjadi Rp 120 miliar. Adapun hotel berbintang 3 itu diterangkan memiliki 67 kamar dan berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan.

2. Goodrich Hotel.

Hotel dijual secara online © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@abieproperty


Hotel yang berlokasi di  Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini juga dijual secara online. Dalam keterangannya di situs jual beli online, hotel itu dijelaskan memiliki 4 bintang, 8 lantai dan 1 basement, serta 76 kamar. Hotel tersebut dibanderol dengan harga Rp 260 miliar.

3. Delua Hotel.

Hotel dijual secara online © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@deluahotel


Delua Hotel merupakan salah satu hotel di Jakarta yang berlokasi di Mangga Besar. Dalam keterangannya, hotel berbintang 3 itu dijual dengan harga Rp 85 miliar. Kemudian, dituliskan hotel tersebut memiliki 8 lantai dengan 70 kamar.

4. Ibis Budget.

Hotel dijual secara online © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ibisbudgettanahabang


Selanjutnya ada hotel Ibis Budget. Hotel ini terletak di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dalam situs jual beli online, pemilik hotel menuliskan keterangan bahwa hotel 5 lantai tersebut dibanderol dengan harga Rp 85 miliar.

5. Hotel Losari.

Hotel dijual secara online © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@losarihotels


Terakhir ada hotel Losari di kawasan Roxy, Jakarta Pusat yang harus dijual oleh pemiliknya karena tak mampu bertahan di tengah kondisi pandemi Covid-19. Dibanderol dengan harga RP 90 miliar, hotel tersebut memiliki 9 lantai dengan 102 kamar.