Brilio.net - Indonesia dipastikan akan melihat fenomena gerhana matahari cincin pada Kamis, (26/12). Fenomena langka ini tentunya sayang buat dilewatkan. Terlebih, gerhana matahari ini baru akan melintasi Indonesia lagi pada 2023 mendatang.

BMKG menyatakan fenomena gerhana ini akan terlihat di 25 kota/kabupaten di 7 provinsi di Indonesia. Di antaranya yaitu Padang Sidempuan, Sibolga, Kabupaten Siak, Kepulauan Riau, dan sebagian Kalimantan Barat bagian utara, yakni di Kabupaten Singkawang.

Nah, meski wilayahmu tak dilintasi gerhana matahari, kamu bisa menyaksikan fenomena ini melalui saluran YouTube. Ada beberapa kanal di YouTube yang menyediakan layanan streaming gerhana matahari cincin. Serunya lagi, di antara kanal-kanal tersebut, bahkan ada juga yang punya layanan menonton aurora.

foto: bmkg.go.id

 

2 dari 2 halaman

 

Berikut daftar kanal yang menyiapkan layanan streaming fenomena langit gerhana matahari cincin, seperti dilansir brilio.net dari Forbes, Rabu (25/12).

1. Slooh.

Slooh menyediakan livestreaming dari Timur Tengah dan Singapura.

2. Cosmo Sapiens.

Cosmo Sapiens juga menyediakan live stream gerhana matahari cincin. Kanal itu juga memiliki video livestream aurora, pendaratan bulan, dan pergerakan berbagai planet.

3. Tharulowa Digital

Tharulowa Digital merupakan kanal dari Sri Lanka. Kanal tersebut berfokus pada fenomena-fenomena astronomi.