Brilio.net - Penangkapan salah satu kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Dyann Kemala Arrizqi, yang berkaitan dengan unggahan meme Setya Novanto saat ini menjadi perhatian warganet.

Dyann diduga menyebar meme Setya Novanto, salah satunya adalah foto Novanto yang dibuat mirip karakter Bane dalam film The Dark Knight Rises yang juga menggunakan masker.

Gara-gara perbuatannya tersebut, wanita 29 tahun itu pun dijerat dengan Pasal 27 Ayat 3 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) serta Pasal 310 dan 311 KUHP.

Menanggapi hal tersebut, warganet beramai-ramai mencuitkan tagar #SaveMeme melalui akun Twitter sebagai wujud solidaritas kepada Dyann beserta akun media sosial yang dilaporkan Setnov. Pada Jumat, (3/11) tagar #saveMeme menjadi trending di Twitter dengan lebih dari 1200 tweet yang menyertakannya.

Warganet dengan akun @KenFauzy mencuitkan tagar #SaveMeme terkait dengan apa kegunaan dari meme di masa sekarang ini. "Meme adalah humor untuk hiburan sebagai pelampiasan kekesalan rakyat di saat pihak berwenang mandul menegakkan keadilan, #SaveMeme" tulisnya.

Loading...

#savememe © 2017 brilio.net

Beda dengan akun @memecomicIndo yang menyindir Setnov dengan cuitan disertai tagar #SaveMeme seperti berikut ini.

#savememe © 2017 brilio.net

#savememe © 2017 brilio.net

Akun @akmal_wii juga turut meramaikan tagar #SaveMeme dengan bahasa sarkasme. "Buat meme sekarang lebih berbahaya daripada korupsi uang rakyat," tulisnya.

#savememe © 2017 brilio.net

Sementara itu, pengaduan tentang meme Setnov ini diawali saat Setya Novanto yang sakit dan tagar The Power of Setnov sempat viral di media sosial saat itu.

Masyarakat Indonesia yang memang kreatif dalam mengungkapkan rasa kecewa bereaksi secara satir dan lucu lantaran Setya Novanto berhasil lepas dari statusnya sebagai tersangka korupsi proyek e-KTP setelah pengadilan memenangkan gugatan praperadilannya.