×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Selaraskan program pacu SDM daerah, Apkasi gelar rakernas di Bali

View Image

0

BRILIO » Serius

Selaraskan program pacu SDM daerah, Apkasi gelar rakernas di Bali

foto: Merdeka.com

Agenda ini diharapkan agar daerah bisa berkembang termasuk SDM-nya.

(brl/tin)

22 / 08 / 2019 12:30

Brilio.net - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) akan menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) di Bali pada Rabu (21/8) hingga Jumat (23/8). Salah satu poin penting yang akan dibahas adalah program kerja Apkasi yang menyelaraskan visi besar pemerintah pusat terkait pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Agenda ini diharapkan agar daerah bisa berkembang termasuk SDM dan sesuai dengan kebijakan Presiden Jokowi.

"Intinya agar Indeks Pembangunan Manusia (IPM) semua daerah naik, kualitas SDM kian merata, tidak hanya unggul di kota-kota besar saja," ujar Plt Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas seperti dilansir Brilio.net dari Merdeka, Kamis (22/8).

Lima program yang akan dibahas dan dijalankan secara sinergis oleh Apkasi adalah kesehatan, pendidikan vokasional, peningkatan kualitas pendidik, kemudahan akses pendidikan, dan pendidikan berkarakter Pancasila.

Deretan program ini harus dilakukan secara terpadu dengan kolaborasi antara instansi pemerintah pusat dan daerah agar terlaksana dengan baik.

Anas menambahkan misalnya pendidikan vokasi membutuhkan kolaborasi antara pemerintah provinsi dengan daerah. Lain bidang, kesehatan ibu dan anak untuk penurunan stunting harus berpijak pada kearifan pangan lokal.

Di bagian pendidikan, Apkasi mendukung ide Kemendikbud menyediakan dana alokasi umum untuk gaji guru honorer. Perhitungannya harus cermat agar tidak mengganggu program lain di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang juga dibiayai oleh dana alokasi umum.

Akses pendidikan juga menjadi perhatian Apkasi. Anas mengatakan bahwa pemerintah kabupaten dengan dukungan pusat dan provinsi sudah berusaha penuh menyediakan beasiswa. Program ini juga harus diselaraskan dengan program Kartu Indonesia Pintar Kuliah dari pemerintah pusat.

Pendidikan Pancasila juga penting bagi Anas. Dia berharap agar anak-anak nantinya tidak hanya unggul di IPTEK tapi juga bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila seperti adil dan toleran.

"Rakernas Apkasi akan mencoba memperkuat mainstream paradigma pembangunan SDM tersebut, karena bagaimana pun daerah adalah kepanjangan tangan pemerintah pusat. Dengan kerja-kerja kolaborasi pusat dan daerah serta antardaerah, visi besar mewujudkan SDM unggul untuk Indonesia maju bisa lebih cepat tercapai," jelas Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Rakernas Apkasi ini juga diiringi gelaran Apkasi Smart Regency Expo & Forum 2019 yang bertemakan Menuju Kabupaten Cerdas Melalui Digitalisasi Pelayanan Publik. Untuk mendukung gelaran ini, ada ekspo inovasi pelayanan publik berbasis digital yang sudah dikembangkan oleh pemerintah kabupaten dari berbagai daerah.

"Apkasi mendorong perubahan pelayanan publik berbasis TI. Tanpa TI, kita tidak akan bisa memenuhi ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan publik yang cepat, murah, dan pasti," ujar Sekjen Apkasi Najmul Akhyar yang juga merupakan bupati Lombok Utara.

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

MORE
Wave more