Brilio.net - Ani Yudhoyono telah berpulang ke Sang Khaliq pada Sabtu (1/6) di Rumah Sakit di National University Hospital, Singapura.

Istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu meninggal ketika sedang menjalani perawatan intensif karena kanker darah sejak Februari lalu. Sempat pulih pada pertengahan Mei lalu, namun pada Rabu (29/5) Ani Yudhoyono kembali masuk ICU (Intensive Care Unit).

Jenazah Ani Yudhoyono akan diberangkatkan dari Singapura Sabtu (1/6) malam ini juga. Diperkirakan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma pada pukul 20.30 WIB atau paling lambat pukul 22.00 WIB menggunakan pesawat Hercules.

Dikabarkan SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) akan turut mendampingi dalam pesawat milik TNI AU itu.

Rencananya, jenazah Ani Yudhoyono akan dimakamkan dekat pusara Ainun Habibie di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan besok Minggu (2/6). Sebelum dimakamkan, jenazah Ani Yudhoyono disemayamkan di kediaman SBY di Cikeas, Bogor.

Kepergian Ani Yudhoyono menimbulkan duka banyak pihak, lebih-lebih keluarganya. Sang suami, SBY, terpukul dengan kepergian istri tercinta. Namun menurut Hatta Rajasa, besan SBY dan Ani Yudhoyono, saat menemui awak media pada Sabtu (1/6) siang, SBY ikhlas melepas Ani Yudhoyono.

Sementara itu, SBY beserta kedua anaknya, AHY dan Ibas juga sempat memberikan keterangan resmi terkait kepergian Ani Yudhoyono.

Dalam balutan pakaian putih dan ekpresi bersedih, SBY berupaya tegar memberikan keterangan kepada awak media.

Dia menuturkan bahwa selama hidup sang istri, terutama ketika sakit sejak Februari 2019 lalu hingga akhirnya dipanggil Tuhan YME, SBY selalu mendampingi setiap hari, siang dan malam.

SBY melanjutkan bahwa banyak hal yang ingin dilakukan Ani Yudhoyono setelah sembuh dan kembali ke Tanah Air. Semua keinginannya ini demi sahabat, saudara, dan masyarakat Indonesia.

"Tapi Tuhan menakdirkan yang lain. Oleh karena itu, saya dan keluarga inshaaAllah akan mewujudkan mimpi-mimpi, cita-cita, dan rencana Ibu Ani yang belum bisa diwujudkan," ujar SBY dengan menahan tangis seperti dikutip Brilio.net dari siaran langsung Kompas TV, Sabtu (1/6). Pun demikian kedua putra mereka yang tampak berusaha tegar.

Lebih lanjut, SBY minta izin mengantarkan jenazah sang istri kembali ke Jakarta untuk disemayamkan di kediaman mereka di Cikeas, Bogor sebelum dimakamkan besok Minggu (2/6) di TMP Kalibata, Jakarta.

"Sementara itu. Izinkan saya mengantar Ibu Ani kembali ke Jakarta dan inshaaAllah setelah disemayamkan di rumah kami di Cikeas, besok akan dimakamkan di Taman Makam Nasional Kalibata. Itu saja, terima kasih atas segala kebaikan bapak ibu untuk berkenan untuk mengucapkan bela sungkawa kepada saya dan keluarga, dan Ibu Ani. Terima kasih, terima kasih, terima kasih, wassalammu'alaykum warrohmatullohi wabarokatuh," tutup SBY.