Brilio.net - Bencana tanah longsor selalu mengancam setiap kali wilayah Indonesia memasuki musim penghujan. Pada Selasa (31/10) dini hari, satu keluarga yang terdiri dari suami istri dan dua anaknya yaitu Ujang Rukmana (40), Usu Hayati (35), Dini Nur Fadilah (10), dan Nanda (7 bulan), warga Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat tewas tertimbun longsor yang menerjang rumahnya dan satu rumah lain.

Longsor jabar © 2017 BNPB

Kala longsor menimbun rumah yang berada di bawah lereng tebing setinggi 25 meter tersebut, semua korban sedang dalam posisi tidur. Saat diketemukan oleh tim penyelamat, korban Usu Hayati memeluk Nanda.

Longsor jabar © 2017 BNPB

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam rilis yang diterima brilio.net, Selasa (31/10), kini seluruh korban longsor sudah dievakuasi dan telah dimakamkan di tempat pemakaman umum setempat.

Loading...

Longsor jabar © 2017 BNPB

Lebih lanjut, Sutopo menjelaskan Jawa Barat adalah daerah rawan longsor. Hampir setiap tahun terjadi longsor dan menimbulkan korban jiwa serta kerugian ekonomi. Bencana tanah longsor di Jawa Barat selama tahun 2005-2017 telah terjadi sebanyak 994 kejadian yang menyebabkan 636 orang meninggal dunia, 611 orang luka-luka, dan 83.479 jiwa mengungsi.