Brilio.net - Ratusan polisi di Kepolisian Daerah Papua Barat mengajukan permohonan mutasi atau pindah tugas ke kampung halaman mereka di Bali.

"Ini fenomena menarik yang tidak dimiliki suku lain di Indonesia selain Bali. Ada sekitar 350 orang yang minta mutasi ke Bali," kata Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Rudolf A Rodja di Manokwari, Minggu (30/7), sebagaimana dikutip dari Antara.

Dia mengutarakan, 350 personel yang tersebar di sejumlah polres, satuan dan direktorat tersebut ingin mengabdi di desa adat masing-masing. Di sisi lain, mereka ingin dekat bersama keluarga.

Meskipun demikian, kata Rodja, ia belum bisa mengabulkan seluruh permohonan mereka, mengingat Polda Papua Barat tergolong baru dan masih membutuhkan banyak personel.

"Seluruh personel warga Bali ingin mengabdi di desa adatnya. Itu bagus, tapi semua dikabulkan akan timbul masalah baru di jajaran Polda Papua Barat terutama menyangkut personel," kata dia.

Loading...

Terkait permohonan itu, kata dia, pihaknya akan melakukan penilaian dengan melihat skala prioritas. Ia berharap personel paham dan mengutamakan tugas yang diberikan negara.

"Saya setujui, tapi tidak semuanya kita pindahin. Saya berharap mereka paham dan dinamika satuan harus diutamakan," ujarnya lagi.

Saat ini Polda Papua Barat baru memiliki sebanyak empat ribu polisi, sedangkan kebutuhan ideal sebuah Polda adalah 11 ribu personel.

"Kita sudah mengajukan penambahan ke Mabes, dikabulkan namun akan dilakukan secara bertahap," katanya.