Brilio.net - Sejumlah barang mewah pemberian dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz bin Al Saud kepada pejabat Indonesia akhirnya ramai-ramai dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal tersebut dilakukan karena tertulis dalam undang-undang, di mana hadiah (gratifikasi) yang diterima penerima negara saat bertugas bisa dikatakan suap jika tidak dilaporkan ke KPK.

Dari sejumlah keterangan yang dihimpun, gratifikasi pertama kali dilaporkan pada 7 Maret 2017 dan terakhir pada 15 Maret 2017. Pertama dari Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang mendapat hadiah berupa pedang emas.

Gratifikasi sendiri menurut penjelasan pasal 12B UU No 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi meliputi pemberian uang, barang, rabat, komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma dan fasilitas lainnya kepada setiap pegawai negeri dan pejabat penyelenggara negara.

Bagi mereka yang terbukti menerima gratifikasi terancam pidana penjara seumur hidup atau penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dengan pidana denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar.

Berikut daftar barang yang disebut sebagai hadiah dari rombongan Raja Salman:

1. Pedang berwarna keemasan. Kabarnya ada dua lagi pedang sejenis yang dilaporkan. Juga sebuah belati. 

puluhan hadiah dari raja salman dilaporkan ke kpk © 2017 antara

 

2. 1 set aksesoris yang terdiri dari:

puluhan hadiah dari raja salman dilaporkan ke kpk © 2017 antara

– 1 buah jam tangan Rolex Sky Dweller
– 1 buah jam meja Rolex Desk Clock 8235
– 1 pasang manset emas merek Chopard
– 1 buah ballpoint emas merek Chopard
– 1 buah tasbih

3. 1 set aksesoris yang terdiri dari:

puluhan hadiah dari raja salman dilaporkan ke kpk © 2017 antara

– 1 buah jam tangan Mouawad Grande Ellipse
– 1 buah cincin emas 18 K bertahtakan 1 buah princess cut diamond 3.120 cts dan 16 buah white diamonds 1.395 cts (Mouawad Certificate of Authenticity)
– 1 pasang manset bertahtakan 1 princess cut diamond 2.130 cts, 1 rectangle cut diamond 2.140 cts, dan 32 white diamonds 2.536 cts
– 1 buah ballpoint merek Mouawad
– 1 buah tasbih berwarna hitam