Brilio.net - Pesawat Sriwijaya dengan nomor SJ 091 rute penerbangan Bengkulu-Jakarta sempat tertunda, Senin (5/11). Hal ini lantaran adu mulut antara penumpang dan awak kabin maskapai Sriwijaya. Insiden ini sendiri terjadi karena para penumpang merasa terganggu dengan aroma buah durian yang begitu menyengat ketika memasuki kabin pesawat.

Lewat akun Facebooknya, pemilik akun Amir Zidane yang bukan lain adalah personel band Steven and The Coconut Treez menceritakan kejengkelannya. Bermula saat pesawat yang akan ditumpanginya dari Bandara Fatmawati Soekarno, Bengkulu itu bau durian dan panas. Melihat kondisi tersebut, Amir tak tinggal diam, ia segera melaporkan keluhannya kepada pramugari.

Sayangnya keluhannya tak membuahkan hasil. Pramugari itu hanya memberikan sebuah kertas untuk penumpang yang komplain. Adu mulutnya pun kembali terjadi saat Amir bertemu petugas lainnya.

Rupanya bukan hanya Amir sendiri yang merasakan hal tersebut. Hampir semua penumpang yang terganggu dan menjawab tidak mau terbang bila bau durian seberat 3 ton ini tetap ada. Sebab perjalanan Bengkulu-Jakarta memakan waktu sekitar 1 jam lebih.

Dengan perdebatan yang cukup panjang, durian tersebut akhirnya diturunkan. Pesawat yang semula dijadwalkan akan diberangkatkan pukul 10.50 WIB baru dapat terbang pukul 12.05 WIB dan tiba di Jakarta pukul 13.00.

Loading...

Dilansir brilio.net dari merdeka.com, Selasa (6/11), Humas Sriwijaya Air, Willy mengungkapkan mengangkut durian dalam bagasi pesawat sebenarnya tidak melanggar aturan.

"Betul mas kejadian tersebut. Tapi sesuai SOP kita enggak salah kok mengangkut duren," ujarnya.

Sebanyak 3 ton durian akhirnya diturunkan dari pesawat. Selama proses pemidahan durian, para penumpang diminta untuk menunggu di ruang tunggu yang berjarak sekitar 50 meter dari lokasi pesawat.

Willy juga menjelaskan durian itu kemudian diterbangkan ke Jakarta menggunakan maskapai lainnya. Pihaknya tetap menegaskan hal ini bukanlah sebuah pelanggaran.

"Yang pasti pada akhirnya duren itu dipindah dan jadi diterbangkan oleh maskapai lain. Jadi sebetulnya enggak salah kan?," jelasnya.

Postingan Amir kemudian viral dan jadi perbincangan publik. Postingan tersebut telah dibagikan lebih dari 9000 kali. Warganet juga banyak memberikan komentar-komentar yang menceritakan pengalamannya yang sama.

"Rata2 org indonesia suka menyepelekan sesuatu yg tidak sadar bahwa sesuatu yg besar bs terjadi gara2 hal sepele," tulis akun Luna Tenyala.

"Selamat buat anda yg ngotot tdk mau terbang dan penumpang lain juga kompak

Itulah artinya, kalau kita bersatu pasti berhasil

Coba cuma ente yg komplain, tdk akan di dengar

Salut buat anda," komentar Jannus Henkie Irawan Tambunan.

"Seluruh penumpang hrs di jamin keselamatanya. penumpang apapun. Salut buat penumpang yg berani memprotes sama artinya melindungi dirinya dan orang lain," tambah akun Gusnas Jombang.

" Peraturannya kan g boleh bawa narang yg bau menyengat lah kok ini di izinkan," tutup Lukman Nur Hakim.