Brilio.net - Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Jabodetabek sejak Selasa (31/12) lalu. Tak pelak membuat sebagian besar wilayah Jakarta dilanda banjir sejak Rabu (1/1) kemarin.

Ribuan rumah pun terendam air dengan ketinggian bervariasi. Sembari menyelamatkan harta-benda dan surat-surat berharga, masyarakat yang menjadi korban pun berbondong-bondong untuk terus menguras air yang masuk ke huniannya.

Namun demikian, hal tersebut tak dilakukan oleh Ika Agustin Ningrum. Ketika rumahnya yang terdampak banjir, petugas Pintu Air Manggarai ini lebih memilih untuk bekerja menyelamatkan warga Jakarta.

Dari akun Facebook Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, diketahui bahwa Ika berangkat untuk mengatur pintu-pintu air utama di Jakarta dengan menembus banjir di kawasan rumahnya.

"Dia berangkat ke Pintu Air Manggarai dan menjadi pengatur pintu-pintu air utama di Jakarta," tulis Anies Baswedan

Loading...

Hal tersebut tak pelak membuat Anies Baswedan terenyuh. Menurutnya, Ika layak menjadi contoh petugas di DKI yang memiliki komitmen tinggi.

"Dia pilih menyelamatkan warga Jakarta daripada mengurusi rumahnya yang jelas-jelas sedang tenggelam. Dia menguasai semua data, pola pergerakan air dan situasi lapangan. Dia masih berjaga hingga kini," ucap Anies.

petugas pintu air Manggarai berbagai sumber

foto: Facebook/aniesbaswedan

"Mereka memilih terjun di lapangan dan menjaga. Mereka tidak terlihat, dan mereka pun sering dicemooh, dijuluki dengan sebutan-sebutan tak mengenakan, tapi mereka terus konsisten bekerja," lanjut Anies.

petugas pintu air Manggarai berbagai sumber

foto: Facebook/aniesbaswedan

Atas dasar profesionalitas dan etos kerja yang ditunjukkan oleh Ika, Anies pun memberikan apresiasi kepada Ika beserta petugas lain yang ada di lapangan.

"Pada mereka saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Apalagi hampir seluruh petugas lapangan DKI praktis bertugas non-stop, lebih dari 24 jam karena banyak dari mereka bekerja sejak persiapan acara malam tahun baru kemarin," pungkas Anies.