Brilio.net - Pesawat Kepresidenan yang belum lama ini dicat menjadi merah putih, telah digunakan untuk pertama kalinya oleh Presiden Jokowi untuk kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur, Kamis (19/8).

Bergantinya warna pesawat kepresidenan sempat menuai pro dan kontra di tengah masyarakat. Musababnya adalah biaya yang dikeluarkan berjumlah fantastis, yakni mencapai Rp 2 miliar.

perdana jokowi gunakan pesawat kepresidenan © 2021 berbagai sumber

foto: Setpres

Kritik datang dari Pengamat Penerbangan Alvin Lie yang mengatakan pengecatan pesawat Kepresidenan yang memakan biaya tak sedikit itu merupakan bentuk foya-foya. Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengungkapkan usia pesawat Kepresidenan-1 sudah memasuki usia tujuh tahun, yang secara teknis harus memasuki perawatan besar.

Melansir siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi lepas landas ke Jawa Timur menumpangi Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, sekitar pukul 08.00 WIB.

perdana jokowi gunakan pesawat kepresidenan © 2021 berbagai sumber

foto: Setpres

Untuk pertama kalinya Pesawat Kepresidenan tersebut muncul di publik kembali setelah dicat ulang dari warna yang semula biru putih menjadi merah putih.

Menurut Kepala Sekretariat Presiden, dilansir dari Liputan6.com, Kamis (19/8), pemilihan warna pesawat yaitu merah putih disesuaikan dengan bendera Indonesia dan untuk menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Kunjungan kerja Jokowi kali ini dalam rangka meninjau vaksinasi Covid-19 dari pelajar di SMPN 3 Mejayan, Kabupaten Madiun. Selanjutnya Presiden diagendakan menuju Gang Kampung Pesilat, Kelurahan Krajan, Mejayan, Madiun, untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 door to door.

perdana jokowi gunakan pesawat kepresidenan © 2021 berbagai sumber

foto: Instagram/@jokowi

Pada siang hari, Jokowi akan memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Jawa Timur di Pendopo Ronggo Djoemeno, Madiun.

Kunjungan kerja tersebut diakhiri dengan mengunjungi pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac. Jokowi akan kembali ke Jakarta pada sore hari usai rangkaian acara tersebut selesai.