Brilio.net - Gempa berkekuatan 7,7 SR mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9). Guncangan yang lebih besar dari gempa Lombok beberapa waktu lalu ini juga berdampak hingga Palu.

Meski sempat mencabut peringatan dini tsunami, namun BMKG mengonfirmasi telah terjadi tsunami setinggi 1,5 meter di Donggala dan Palu. Video-video amatir yang beredar di media sosial pun menunjukkan suasana dua kota tersebut hancur berantakan akibat gempa yang disusul tsunami ini.

Salah satu jembatan yang menjadi ikon Kota Palu ikut hancur akibat gempa 7,7 SR ini. Kabar runtuhnya jembatan Ponulele ini dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. Lewat akun Twitter-nya Sutopo mengunggah video detik-detik jembatan yang khas dengan warna kuning itu saat runtuh.

"Kondisi jembatan Ponulele di Kota Palu yang hancur akibat gempa 7,7 SR. Jembatan ini sebelumnya sebagai icon Kota Palu. Kondisinya hancur. Pascagempa tsunami menerjang pantai sekitarnya. Permukiman di bawah hancur dan terbawa tsunami," tulisnya.

Dalam video berdurasi 49 detik itu memang terlihat jembatan yang berada dekat dengan Pantai Talise ini sudah hancur berantakan. Selain itu air tsunami juga sempat menerjang dan menghanyutkan permukiman di bawah jembatan yang biasa disebut jembatan kuning ini.

jembatan kuning gempa © Twitter/@Sutopo_PN

foto: Twitter/@Sutopo_PN

Selain mengunggah video, Sutopo juga sempat memosting foto perbandingan kondisi sebelum dan sesudah digoyang gempa dahsyat. Banyak warganet yang juga mengomentari postingan akun Twitter Sutopo ini.

"Sayang sekali....
Jembatan baru berumur 12th sudah ambruk dampak dari Gempa 7.7. Semoga kita bisa belajar dari Jepang dan ambil hikmah dari bencana dgn meminimalisasi dampak. Yaitu dgn infrastruktur tahan gempa minimal 8.5SR.. #PrayForSulawesi," tulis akun @Faridz_vanJava.

"Inalilahi swmoga tidak banyak terjadi kotban," tambah akun @anangSoewandi.

"Innalillahi wainnailaihi roji'un. Semoga di beri keselamatan dan kessehatan untuk saudara saudara kita. Aamiin. #PrayforDonggala #PrayForPalu #PrayforSulteng #prayforindonesia," ujar akun @aqib_E28.