Momen haru tersebut disambut riuh pendukung pria kelahiran Mei 1998 itu. Vonis hukuman terhadap Bharada E ini jauh lebih ringan. Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum menjatuhi hukuman 12 tahun penjara. Bharada E diyakini bersalah dalam kasus pembunuhan berencana yang berujung pada tewasnya Brigadir J.

 

momen isak tangis bharada e © liputan6.com

foto: liputan6.com

Keputusan Majelis Hakim mempertimbangkan sejumlah hal yang memberatkan hukuman Bharada E. Dalam pertimbangannya, Richard Eliezer dinilai sebagai pelaku yang bekerja sama atau justice collaborator. Pasalnya, kejujuran Richard Eliezer membuat kasus pembunuhan Brigadir J jadi gamblang.

"Richard Eliezer telah membuat terang perkara, jujur dan keterangannya berkaitan dengan alat bukti perkara," kata hakim dalam persidangan agenda pembacaan vonis Richard Eliezer.

"Maka kejujuran, keberanian, dan layak ditetapkan sebagai saksi yang bekerja sama, justice collaborator dan berhak mendapatkan penghargaan," lanjut hakim.

Dalam pembacaan berkas putusan, majelis hakim mengungkapkan telah menerima amicus curiae atau sahabat pengadilan dari berbagai pihak dan lembaga, terkait keberanian Richard dalam mengungkap dan membuat terang benderang perkara skenario pembunuhan Ferdy Sambo. Adapun lembaga yang memberikan catatan amicus curiae adalah ICJR, Ikatan Fakultas Hukum Trisakti, Iluni UI, dan beberapa lembaga lainnya.