Brilio.net - Beberapa waktu lalu muncul varian baru Covid-19, Omicron. Kini ternyata varian baru virus Covid-19 tersebut telah terdeteksi pertama kali di Indonesia.

Dilansir brilio.net dari Antaranews.com, Kamis (16/12) Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia (RI), Budi Gunadi Sadikin telah mengkonfirmasi kebenaran adanya pasien di Indonesia yang terjangkit virus Covid-19 varian Omicron ini.

Budi Gunadi Sadikin mengatakan jika terdapat seorang petugas kebersihan rumah sakit wisma atlet Jakarta yang telah tertular varian baru Omicron.

Menkes konfirmasi varian Omicron di Indonesia © Liputan6.com

foto: Liputan6.com

"Saya ingin menginformasikan perkembangan terbaru. Kemenkes tadi malam mendeteksi pasien inisial N terkonfirm Omicron pada 15 Desember 2021. Data-data sudah kami konfirmasi, dan ini sudah data sequencing omicron," kata Budi, Kamis (16/12) yang dilansir dari antaranews.com.

Budi mengatakan jika awalnya terdapat tiga petugas kebersihan wisma atlet berdasarkan hasil tes PCR. Ketiganya tidak mengalami gejala, baik batuk maupun demam.

Namun dari hasil 3 sampel yang diperiksa oleh Balitbangkes, kemenkes salah seorang pasien yang berinisial N terkonfirmasi tertular varian Omicron.

Menurut penjelasan Budi, kini ketiga pasien tersebut telah dinyatakan negatif. Pasien N dan dua rekannya kini telah pulih dan dapat beraktivitas kembali.

Menkes konfirmasi varian Omicron di Indonesia © Liputan6.com

foto: Liputan6.com

"Mereka bertiga sudah di tes PCR kembali exit test dan hasilnya sudah negatif," jelas Budi.

Dengan ditemukannya varian Omicron di Indonesia ini, Budi menghimbau masyrakat untuk tidak khawatir. Budi juga menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan.

"Jangan keluar negeri kalau tidak ada urusan yang penting," pungkasnya.

*

INFOGRAFIS VIRUS OMICRON © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS VIRUS OMICRON
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan