Brilio.net - Kebakaran melanda Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas I Tangerang, Banten. Kebakaran terjadi Rabu (8/9) dini hari tadi. Dilansir brilio.net dari Liputan6.com, Rabu (8/9) Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Rika Apriyanti menyebut kebakaran terjadi pukul 01.50 WIB.

"Kebakaran terjadi pada pukul 01.50 WIB di Blok C Lapas Kelas I Tangerang," ujar Rika yang dilansir dari Liputan6.com.

Kebakaran di Lapas Tangerang merenggut 41 nyawa © Liputan6.com

foto: Liputan6.com

Kebakaran tersebut melahap 1 dari 7 blok yang ada di area lembaga pemasyarakatan itu. Dirjen PAS Kemenkumham Reinhard Silitonga mengatakan, blok yang terbakar adalah blok C2 Lapas Kelas I Tangerang.

"Lapas ini ada 7 blok, di mana per blok itu ada 9 kamar. Nah, yang terbakar ini adalah blok C2, di mana di situ ada aula dan 9 kamar," ujar dia saat meninjau lokasi kebakaran.

Beruntung, kata dia, lokasi masing-masing blok di Lapas Kelas I Tangerang berjauhan. Oleh karena itu, api tak merambat ke blok lain. Reinhard mengatakan, kebakaran ini diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik.

"Jadi di blok ini lah terjadi diduga awal hubungan pendek, ini musibah yang dialami di Lapas Kelas I Tangerang kami berupaya terus mengamankan yang masih ada di blok lain," ujar dia.

Kebakaran tersebut merenggut 41 nyawa. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Agus Toyib menyatakan pihaknya belum mengetahui detail siapa saja korban kebakaran itu.

"Masih diidentifikasi, nanti kalau sudah ketahuan siapanya maka kita akan kabarkan ke keluarganya," kata Agus.

Menurut dia, Lapas Tangerang dihuni sebanyak 2.072 orang. Sedangkan kejadian kebakaran berlangsung di blok C2 dengan 122 orang di dalamnya.

"Terbakar karena memang kamar semua dikunci jadi ada yang tidak sempat dikeluarkan dari kamar," ucap Agus soal kebakaran Lapas Kelas I Tangerang.

Dlansir brilio.net dari Liputan6.com sebanyak 18 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan dalam menjinakkan si jago merah yang melahap sebagian bangunan Lapas Kelas I Tangerang.

"Kami terima laporan kurang lebih pukul 02.00 pagi tadi, penyebab belum diketahui. Tapi kami menerjunkan 18 unit," tutur Dani, Komandan regu Pemadam Kebakaran yang bertugas.

Kebakaran di Lapas Tangerang merenggut 41 nyawa © Liputan6.com

foto: Liputan6.com

Unit Damkar tersebut berasal dari unit Batu Ceper, Cibodas, dan pusat. Saat tiba di Lapas Kelas I Tangerang, api sedang berkobar melahap bagian gedung blok C2 dan sekitarnya.

"Itu bukan dapur ya, ruang binaan para tahanan," kata Dani.

Selang dua jam lebih kemudian, api yang membakar Lapas Kelas I Tangerang baru bisa dipadamkan oleh petugas. Petugas kemudian fokus evakuasi korban akibat kebakaran tersebut.