Brilio.net - Memperingati hari Natal, setiap orang biasanya saling memberi doa dan mengucapkan selamat natal kepada saudara, keluarga, teman, atau kenalan lainnya. Tak terkecuali presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Bapak Proklamator ini rupanya juga tak lupa untuk mengucapkan selamat Natal kepada istri ketujuhnya, Yurike Sanger. Soekarno kedapatan pernah mengirimkan sepucuk surat yang romantis kepada sang istri pada tanggal 25 Desember.

surat natal soekarno © 2017 brilio.net

"Yury dear,

Loading...

Bersama ini aku kirim satu tandamata dan uang sedikit untuk natalan.

Selamat hari Natal, moga-moga Tuhan selalu melimpahimu dengan rachmatnya dan berkatnya.

Sebenarnya aku sudah kangen sekali, tetapi kepadatan kerdja belum memberi kesempatan mendjumpaimu.

I hope next monday i can meet you." tulis Soekarno dalam suratnya yang tertanggal 25 Desember 1964.

Surat tersebut baru-baru ini menjadi viral usai diunggah oleh Iman Brotoseno melalui akun Twitternya @imanbr pada Minggu (24/12).

"Walau menikah secara Islam, tampak Yurike Sanger masih beragama Kristen. Bung Karno masih mengucapkan Selamat Natal," tulis Iman menyertai foto surat itu.

Yurike Sanger sendiri adalah istri ketujuh presiden pertama Indonesia. Soekarno pertama kali bertemu dengan Yurike Sanger pada tahun 1963. Kala itu Yurike masih yang masih berstatus pelajar menjadi salah satu anggota Barisan Bhinneka Tunggal Ika pada acara Kenegaraan.

Pada 6 Agustus 1964, Soekarno dan Yurike Sanger menikah secara Islam di rumah Yurike. Namun mahligai rumah tangga keduanya harus kandas saat Soekarno menceraikan Yurike, karena kondisi Soekarno yang kurang stabil.