Brilio.net - Seorang putra petani asal Merauke, Papua, Letda (Mar) Daniel Robert Basik-Basik lulus menjadi perwira Akademi Angkatan Laut. Daniel pun mempersembahkan kelulusannya ini bagi orangtuanya.

"Saya menjalani pendidikan selama 4 tahun di Surabaya," kata Daniel usai upacara Prasetya Perwira di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/7).

Letnan dua itu merupakan putra daerah asli Papua lulusan SMA YPPK Yos Sudarso Merauke. Setelah dilantik sebagai perwira, Daniel mendapat cuti selama 10 hari yang digunakan untuk bersilaturahim dengan keluarga.

Kemudian, Daniel akan melanjutkan pelatihan komando pelatihan marinir selama tiga bulan sebelum menjabat komandan batalion di daerah yang akan ditentukan berikutnya. Daniel mengatakan dirinya bercita-cita untuk bergabung dengan pasukan Taifib (Intai Amfibi).

"Itu sudah tertanam di benak saya sejak masuk Marinir. Setelah masuk Marinir kemudian saya akan menempuh suatu pendidikan Taifib dan berharap semoga masuk tim elit Denjaka (Detasemen Jala Mangkara)," ujar Daniel dikutip antara.

Loading...

Lebih lanjut, Daniel merupakan putra dari seorang petani di Desa Sersang, Merauke. Keberhasilan Daniel menjadi perwira memberikan kebanggaan bagi ayahnya, Wilhelmus Basik-Basik, yang sehari-hari mengolah lahan padi seluas 2 hektar di kampungnya.

"Bapa sangat bangga, bapa selalu berdoa di rumah untuk kelulusan Daniel," kata Wilhelmus.

Wilhelmus berharap putranya dapat sukses melanjutkan karier sebagai perwira tinggi di Angkatan Laut dan mengabdi kepada bangsa.

Sebanyak 724 taruna taruni TNI Polri telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi perwira dalam upacara Prasetya Perwira di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Dari 724 perwira terdiri atas 225 dari Akademi Militer, 102 dari Akademi Angkatan Laut, 119 dari Akademi Angkatan Udara dan 278 dari Akademi Kepolisian.