Brilio.net - Pengakuan rendang sebagai salah satu makanan terenak di dunia seolah menjadi sebuah momen kebangkitan tersendiri bagi kuliner Nusantara. Setelah rendang, beragam kuliner tradisional dari Tanah Air lainnya juga seakan ingin menunjukkan taringnya ke kancah dunia. Mulai dari pemerintah, industri swasta, dan masyarakat pun bergandengan tangan untuk bisa memperkenalkan kuliner Indonesia.

Kamu juga bisa belajar tentang kuliner Nusantara ini. Apalagi ada web series di YouTube yang khusus membahas tentang kuliner Nusantara, yakni Kuliner Indonesia Kaya.

Kamu juga bisa tahu sebenarnya apa sih yang membuat masakan khas Indonesia bisa disukai, bahkan sampai ke luar negeri. Dan kamu akan belajar bagaimana bisa membuat makanan yang bisa memenuhi unsur-unsur pemikat tadi. Sebab, web series dari Bakti Budaya Djarum Foundation itu bukan sekadar acara masak-masak biasa, melainkan bakal membahas makanan-makanan tradisional Indonesia dengan lengkap, mulai dari filosofi, bahan-bahan sampai cara memasak.

Setidaknya ada empat hal yang bisa kamu pelajari untuk membuat kuliner Nusantara digemari hingga luar negeri.

1. Kaya cita rasa.

Kenapa kuliner Nusantara disukai hingga luar negeri Ini rahasianya   berbagai sumber

foto: foodgateway

Berbicara tentang makanan Indonesia, memang tidak jauh-jauh dari yang namanya cita rasa yang kaya. Dari Sabang sampai Merauke, dari mulai pedas, asin, dan berbagai rasa ada semua. Dari tayangan di web series Kuliner Indonesia Kaya yang produksinya dilakukan di Almond Zucchini Cooking Studio ini, kamu bakal dijelasin tentang bagaimana agar masakanmu memiliki cita rasa lezat, khas masakan Nusantara. Mulai dari memilih bahan sampai cara memasaknya.

2. Cara pengolahan yang unik.

Kenapa kuliner Nusantara disukai hingga luar negeri Ini rahasianya   berbagai sumber

foto: exciteIndonesia

Cara pengolahan makanan di Indonesia sendiri juga bermacam-macam dan melalui proses pengolahan yang unik. Ambil satu contoh, misalnya rendang yang menjadi makanan nomer 1 terenak di dunia. Mulai dari bahan olahan daging dengan rasa rempah yang khas, dan cara memasaknya yang memakan waktu yang lama sehingga membuat bumbu rempahnya meresap dan tahan lama.

Nah, kebetulan episode perdana web series ini mengulas soal rendang. Jadi kamu bisa langsung simak dan belajar. 


3. Penampilan yang menggoda.

Kenapa kuliner Nusantara disukai hingga luar negeri Ini rahasianya   berbagai sumber

foto: wanitaindonesia.com

Tak sekadar rasa, kuliner Indonesia juga memiliki penampilan yang menarik dengan menonjolkan warna-warni khas. Warna yang dihasilkan oleh rempah-rempah, warna cabai, hingga dedaunan hijau yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan bisa menggugah selera.

Di Kuliner Indonesia Kaya, dijelaskan tentang pemilihan bahan-bahan untuk masakan kamu. Bahan itu, akan menentukan cita rasa dan penampilan masakanmu. Kamu akan tahu bahwa memasak kuliner Nusantara itu ternyata nggak susah dan sangat menarik buat dicoba.

4. Memiliki kisah di baliknya.

Kenapa kuliner Nusantara disukai hingga luar negeri Ini rahasianya   berbagai sumber

foto: resephariini

Selain ketiga hal di atas, ada satu hal yang membuat makanan Indonesia spesial di manca negara. Masakan khas Nusantara memiliki kisah dan juga filosofi yang mendalam. Kuliner Indonesia Kaya yang diproduksi KokikuTV bekerja sama dengan komunitas Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI) ini, sang pemandu acara Jordi Onsu juga akan jelasin filosofi dari masakan yang dipraktikkannya. Jadi, seru banget kan bisa belajar masak sekaligus nambah wawasan?