Brilio.net - Proses pencarian Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, putra sulung Ridwan Kamil masih terus berlanjut. Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha mengungkapkan ada kemajuan dalam pencarian Eril yang dinyatakan hilang dan meninggal dunia di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis (26/6) lalu.

"Memang ada progres, tetapi saat ini KBRI masih menunggu konfirmasi dan informasi detail dari Kepolisian Bern," ungkap Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha dilansir brilio.net dari Antara.com pada Kamis (9/6).

Lebih lanjut, Judha mengungkapkan jika KBRI Bern akan mengadakan konferensi pers guna menyampaikan informasi terkini tentang pencarian Eril. Meski ia belum menyebutkan secara detail, kemajuan yang sudah didapatkan.

ada kemajuan proses pencarian eril © kemlu.go.id

foto: kemlu.go.id

Sementara itu, Kepolisian Bern memastikan bahwa pencarian Eril akan terus berlanjut hingga ditemukan. Hal ini diungkapkan oleh Duta Besar RI, Swiss Muliaman Hadad. Terhitung hingga Selasa (7/6), pencarian telah mencakup 30 kilometer wilayah Sungai Aare.

"Proses pencarian akan terus dilakukan tanpa batas waktu yang dapat ditentukan. Artinya, misi pencarian akan berlangsung hingga Eril ditemukan," ungkap Muliaman Hadad.

Peluang ditemukannya Eril pun semakin besar dalam beberapa hari ke depan. Memasuki musim panas di Swiss, kepolisian setempat yakin jika naiknya temperatur yang dapat menambah debit air sungai, akan mempermudah dalam misi pencarian.

ada kemajuan proses pencarian eril © kemlu.go.id

foto: kemlu.go.id

"Musim panas juga berarti intensitas dan aktivitas pengunjung di sepanjang Sungai Aare akan bertambah. Peningkatan dinamika air dan manusia di Sungai Aare diharapkan akan berkontribusi dalam proses pencarian Eril," tambahnya.

Selain kondisi cuaca, meningkatnya jumlah pengunjung juga memberikan dampak positif dalam upaya pencarian. Metode pencarian pun akan disesuaikan dengan perkembangan cuaca. Perubahan metode ini juga selalu memperhatikan keselamatan seluruh petugas yang terlibat dalam misi pencarian.