Brilio.net - Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi mengumumkan lokasi ibu kota negara baru, pengganti DKI Jakarta pada, Senin (26/8). Pengumuman itu dilakukan setelah Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappenas) merampungkan kajian menyeluruh terkait pemindahan ibu kota baru ke Pulau Kalimantan.

Pengumuman ibu kota baru ini disiarkan secara langsung dari Istana Negara Jakarta, melalui akun YouTube @Sekretariat Presiden. Sebelumnya Jokowi sudah memberikan Pidato Kenegaraan di Sidang Bersama DPD-DPR sebelum Hari Kemerdekaan lalu. Presiden Joko Widodo sudah mengatakan kalau ibu kota baru akan pindah ke Kalimantan.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor turut menghadiri konferensi pers pengumuman ibu kota baru, yang akan disampaikan oleh Presiden. Berdasarkan pantauan, Isran tiba di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada pukul 12.20 WIB. Jokowi sendiri rencananya mengumumkan ibu kota baru pada pukul 13.00 WIB.

Teka-teki di mana lokasi Ibu Kota baru Republik Indonesia akhirnya terjawab. Presiden Jokowi mengumumkan, lokasi Ibu Kota baru berada di Kalimantan Timur.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"Pemerintah telah melakukan kajian-kajian negara lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutainegara Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi di Istana, Senin (26/8).

(brl/red)