Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan melakukan swab test Covid-19. Langkah ini langsung dilakukan usai Jokowi mendengar kabar bahwa Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo positif virus corona. Sekadar diketahui, keduanya sempat melakukan pertemuan di Jakarta pada Kamis (16/7).

"Untuk khusus hal Wakil Wali Kota Solo, saya rasa Bapak Presiden akan melakukan swab lebih cepat dari biasanya setelah mendengar wakil wali kota Solo positif," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono lewat pesan kepada wartawan, Jumat (24/7).

Kendati demikian, Heru Budi Hartono meyakinkan bahwa selama ini setiap tamu yang datang ke Istana Negara selalu mendapat protokol kesehatan yang sangat ketat. Semua tamu yang datang ke Istana Negara harus melakukan rapid test.

"Saya yakin dan semoga istana tetap steril. Contoh saja, saya baru kemarin swab dan hasilnya negatif dan saya sering tiap hari berinteraksi dengan bapak presiden," ujar Heru.

Mendengar kabar Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo positif virus corona, menurut Heru, Presiden Jokowi dan seluruh perangkat di Istana Negara akan mempercepat jadwal swab test.

"Jadwal bapak presiden memang hari ini (Jumat) jadwal tes kesehatan rutin," pungkasnya. Demikian seperti dilansir brilio.net dari merdeka.com.

Loading...
2 dari 2 halaman

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo temui Jokowi di Istana Negara


Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo sempat bertandang ke Istana Negara memenuhi permintaan Presiden Jokowi pekan lalu. Agenda pertemuan itu dikabarkan membahas seputar pencalonan Gibran di Pilkada Solo 2020.

Kini Achmad Purnomo positif terjangkit Covid-19 berdasarkan hasil tes usap yang diikutinya pada Sabtu (18/7). Purnomo sudah menjalani isolasi mandiri.

"Iya positif, saat ini beliau sedang menjalani isolasi mandiri," kata Kepala Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surakarta Ahyani di Solo, Jumat (24/7).

Menurut Ahyani, Achmad Purnomo juga sudah mengikuti tes usap. Pemerintah Solo juga akan menelusuri kontak fisik Achmad Purnomo sejak pekan lalu usai pulang dari Jakarta.

"Hasilnya (tes usap Purnomo) keluar kalau tidak hari Rabu, Kamis. Namun sejak kemarin beliau sudah diminta istirahat, ini tadi juga tidak ikut mider projo," katanya.