Brilio.net - Presiden Joko Widodo sudah mengumumkan di mana letak ibu kota baru Negara Republik Indonesia. Pengumuman ibu kota baru ini disiarkan secara langsung dari Istana Negara Jakarta pada Senin (26/8), melalui akun YouTube @Sekretariat Presiden.

Secara terbuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa biaya untuk memindahkan ibu kota dari jakarta ke Pulau Kalimantan mencapai RP 466 triliun.

"Sebesar 19 persen akan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terutama dengan skema kerja sama pengelolaan aset di ibu kota," jelas Jokowi pada Senin (26/8).

Sedangkan sisanya akan didapat dari Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) serta investasi langsung swasta dengan Badan Usaha Milik negara (BUMN).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati saat dikonfirmasi liputan6.com, membenarkan pengumuman ibu kota baru akan disampaikan Jokowi hari ini.

"Ya betul hari ini (lokasi Ibu Kota baru) akan diumumkan Presiden," ujarnya, Senin (26/8).

Namun, Adita enggan membocorkan di mana lokasi yang nantinya akan menjadi pusat pemerintahan. Menurut dia, Presiden Jokowi yang berhak mengumumkannya ke publik.

"Tunggu presiden saja," ucap dia.

(brl/red)