Brilio.net - Pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan larangan mudik Lebaran tahun ini sejak 6-17 Mei 2021. Kebijakan ini dikeluarkan untuk mengantisipasi peningkatan persebaran Covid-19. Nah menyikapi imbauan ini, PT Jasa Raharja (Persero) menggelar program seru dengan menggelar program Mudik Online Aman Enak (Molae).  

Lewat program ini, Jasa Raharja akan membagikan kuota data gratis senilai Rp 150 ribu kepada 10.000 peserta yang terdiri dari 5.000 pendaftar dan 5.000 keluarga yang menjadi tujuan mudik.

Semula proses pendaftaran dan verifikasi sudah dilakukan selama periode waktu 19 April hingga 3 Mei 2021. Dari proses tersebut didapatkan 10 ribu penerima kuota data gratis. Namun karena tingginya peminat, program ini pun diperpanjang hingga 9 Mei 2021.  

Mudik Virtual © 2021 brilio.netDirektur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Raharjo Slamet

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

“Karena animo cukup tinggi maka kita buka hingga 9 Mei 2021. Kami perpanjang agar masyarakat bisa mendaftar. Kuota akan diberikan pada tanggal 13 Mei 2021 saat hari H lebaran,” ujar Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Raharjo Slamet dalam jumpa pers virtual, Kamis (6/5/2021).

Menariknya, kuota data yang diberikan akan hangus jika si penerima melakukan aktivitas bepergian melebihi jarak 50 Km. Artinya, ketika si penerima mendapatkan kuota data di Jakarta, lalu dia bepergian ke wilayah Jawa Tengah, maka secara otomatis kuota data tersebut hangus.

“Jika dilanggar maka kuota akan terhapus otomatis. Ini untuk memastikan masyarakat tidak melakukan moving atau mudik untuk menekan angka Covid-19 dan menekan angka kecelakaan lalu lintas,” lanjut Budi.

Mudik Virtual © 2021 brilio.net

Melalui program ini masyarakat tetap bisa berhari raya dan bersilaturahim dengan keluarga melalui fasilitas video call secara aman. Aman dari risiko kecelakaan dalam perjalanan maupun aman dari penyebaran Covid-19

Nah buat kamu yang mau ikutan program ini caranya juga mudah. Cukup lampirkan KTP. Setelah itu kamu download dan aktivasi aplikasi JRku atau melalui website mudik.jasaraharja.co.id menggunakan smartphone dan harus support GPS ya.

Setelah itu kamu tinggal mendaftarkan anggota keluarga yang dituju dengan jarak minimal 50 km dari posisi pendaftar. Kamu juga harus memiliki aplikasi Link Aja.

“Kegiatan ini (Molae) sudah kita blast kepada seluruh pemudik Jasa Raharja yang selama ini mengikuti secara fanatik. Kita mempunyai data seluruh penumpang yang ada beserta nomor handphone-nya,”kata Budi.

Selama ini, sebelum merebaknya pandemi Jasa Raharja selalu menggelar mudik gratis. Namun karena kondisi pandemi masih terjadi, cara ini dilakukan Jasa Raharja agar masyarakat tetap bisa merasakan mudik meski secara virtual.

Mudik Virtual © 2021 brilio.net

Selain itu, Jasa Raharja juga selalu melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat tentang keselamatan berkendara, termasuk imbauan tidak mudik secara terus menerus melalui kanal media sosial. Bahkan, perusahaan BUMN ini juga menayangkan webseries The Ways “Cinta Jalan Terus” di kanal Youtobe official Jasa Raharja dengan pesan-pesan tentang pencegahan kecelakaan atau keselamatan lalu lintas dan kampanye tidak mudik.

Pakai travel gelap, nggak dapat santunan lho

Nah buat kamu yang tetap nekat mudik selama larangan mudik, apalagi menggunakan travel gelap, Jasa Raharja tidak menjamin asuransi. Sebab, Jasa Raharja hanya memberikan jaminan asuransi kepada penumpang transportasi umum yang menggunakan jasa angkutan berbadan hukum resmi. 

“Kalau travel gelap tidak terpantau. Tidak terdata di Jasa Raharja. Ketika terjadi musibah atau kecelakaan seperti pecah ban dan ada korban, Jasa Raharja tidak menjamin,” tegas Budi.

Budi juga mengimbau semua masyarakat selalu tertib berlalu lintas agar tidak menimbulkan korban kepada orang lain.

(brl/red)

(brl/red)