Brilio.net - Jamur enoki belakangan menjadi sorotan. Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan menginstruksikan untuk memusnahkan jamur enoki yang berasal dari Korea Selatan.

Hal ini menyusul informasi dari International Food Safety Authority Network (INFOSAN), otoritas keamanan pangan di bawah FAO/WHO, bahwa pada Maret-April 2020 terdapat kejadian luar biasa di beberapa negara disebabkan bakteri Listeria Monocytogenes dalam jamur enoki.

"Pemusnahan dilakukan pada tanggal 22 Mei 2020 dan 19 Juni 2020 di PT Siklus Mutiara Nusantara, Bekasi, yang dihadiri oleh perwakilan dari pelaku usaha ban BKP, sejumlah 1.633 karton dengan berat 8.156 kg," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan, Agung Hendriadi seperti dikutip brilio.net dari Antara, Jumat (26/6). 

Belakangan ini jamur enoki memang menjadi idola bagi pecinta kuliner Korea. Hal ini membuat jamur enoki diburu. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (25/6), ini enam fakta jamur enoki yang disebut mengandung bakteri listeria.


1. Jadi penyebab wabah listeria.

jamur fakta berbagai sumber

foto: unsplash.com

Berdasar informasi yang didapat dari INFOSAN (International Food Safety Authority Network), jamur enoki menyebabkan KLB di tiga negara. Seperti dilansir brilio.net dari Antara, tiga negara itu adalah Amerika Serikat, Kanada, dan Australia.


2. Jamur enoki tumbuh subur di Korea, China dan Jepang.

jamur fakta berbagai sumber

foto: unsplash.com

Jamur enoki yang memiliki nama ilmiah Flammulina Velutipes ini tumbuh subur di tiga negara Asia. Dilansir dari healthbenefitstimes.com, jamur enoki yang memiliki nama lain jamur enokitake ini berasal dari Korea, China dan juga Jepang.


3. Ada 3 jenis jamur enoki.

jamur fakta berbagai sumber

foto: pinterest

Di Indonesia, jamur enoki diketahui memiliki bentuk panjang kecil dan berwarna putih. Padahal sebenarnya jamur enoki sendiri ada tiga jenis, yaitu jamur enoki putih, jamur enoki coklat dan jamur enoki kuning keemasan.

Jamur enoki cokelat dan jamur enoki kuning keemasan memang nggak sepopuler jamur enoki putih. Pasalnya kedua jamur ini tumbuh di hutan-hutan.


4. Bermanfaat untuk membunuh lemak di bagian perut.

jamur fakta berbagai sumber

foto: unsplash.com

Dilansir dari umami-insider.com, jamur enoki adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan asam linoleat. Kandungan ini secara khusus bisa membantu orang yang sedang melakukan diet untuk mengurangi jumlah lemak di bagian perut. Selain itu bila dikonsumsi secara teratur bisa juga membantu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh.


5. Diyakini sebagai makanan pencegah kanker.

jamur fakta berbagai sumber

foto: unsplash.com

Dikutip dari drchingchen.com, di Jepang jamur enoki adalah makanan yang sangat berguna karena dipercaya memiliki khasiat anti-kanker dan anti penuaan. Di desa Nagano, Jepang yang menjadi pusat budidaya enoki ini memiliki tingkat pengidap kanker yang sangat rendah dibandingkan di daerah lain.


6. Menyebabkan kematian.

jamur fakta berbagai sumber

foto: unsplash.com

Kasus bakteri listeria yang dibawa jamur enoki ini sudah terjadi sejak bulan Mei dan sudah menyebabkan empat kematian di California, Hawaii dan New Jersey. NBC menulis bahwa empat kematian yang terjadi di tiga negara ini berasal dari 32 kasus korban yang menjalani rawat inap.