Brilio.net - Sulistina Sutomo, istri Pahlawan Nasional Sutomo atau biasa disebut Bung Tomo, meninggal dunia pada usia 91 tahun. Sulistina meninggal dunia pada Rabu dini hari pukul 01.42 WIB setelah beberapa hari dirawat di rumah sakit di Jakarta.

"Iya benar, saya menerima kabar langsung dari Bambang Sulistomo, anak kandungnya Bu Sulistina tadi dini hari," ujar A.H. Tony, salah seorang kerabat keluarga Bung Tomo, di Surabaya, seperti dilansir brilio.net dari ANTARA, Rabu (31/8).

Sulistina selama beberapa hari sebelumnya dirawat di RSPAD Gatot Subroto Jakarta karena sakit dan sudah tua. Almarhumah lalu disemayamkan di rumah duka di Jalan Haji Muhasyim Buntu 45, Tarogong, Fatmawati, Cilandak Barat.

Rencananya, almarhumah akan dimakamkan tepat di samping makan Bung Tomo di TPU Ngagel Surabaya sore ini. Jenazah diberangkatkan dari Jakarta ke Surabaya pukul 11.30 WIB dari Bandara Halim Perdanakusuma, kemudian disalatkan di Masjid Al-Akbar, Surabaya.

Kabar bela sungkawa atas meninggalnya istri pejuang Bung Tomo pun langsung menjadi trending topic Twitter di Indonesia. Netizen berbondong-bondong mengucapkan bela sungkawa di media sosial. Akun-akun pemerintah dan para tokoh Indonesia juga mengucapkan bela sungkawanya atas meninggalnya Sulistina.

Loading...

"Turut berduka atas wafatnya Ibu Sulistina, istri pejuang Bung Tomo. Kegigihan beliau bersama suami menjadi teladan," tulis akun Kemenpora RI.

"Turut berduka atas berpulangnya Ibu Sulistina Sutomo istri alm. Bung Tomo. Slmt jalan inspirator perempuan Indonesia," tulis Khofifah Indar Parawansa pada akun Twitternya dengan menampilkan foto bersama almarhumah Sulistina.