Brilio.net - Terdakwa kasus penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menangis saat membacakan nota keberatan dalam sidang pertamanya, Selasa (13/12) pagi. Sebagaimana pantauan brilio.net dalam siaran langsung persidangan, air mata Ahok tampak berlinang ketika ia bercerita tentang kedekatannya dengan umat Islam.

Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara tersebut, Ahok bercerita tentang kehidupannya yang sangat dekat dengan keluarga muslim.

"Dalam kehidupan pribadi saya banyak berinteraksi dengan teman-teman saya yang beragama Islam. Termasuk dengan keluarga angkat saya, almarhum Haji Baso Amir yang merupakan keluarga muslim yang taat," jelas Ahok.

Ahok juga mengatakan banyak belajar agama Islam dari keluarga angkat dan guru-gurunya. Ia juga mengaku tak habis pikir kenapa ia bisa dianggap sebagai seseorang yang menistakan agama Islam.

"Saya belajar dari keluarga angkat saya, saya juga belajar dari guru-guru saya dari kelas 1 SD sampai 3 SMP. Sehingga dari saya kecil hingga sampai sekarang, saya tahu harus menghormati ayat-ayat suci Alquran. Jadi saya tidak habis pikir kenapa saya dituduh sebagai penista agama Islam?" sambung gubernur non aktif DKI Jakarta tersebut.

Loading...

Sambil terus bercerita, suara Ahok terdengar mulai berat. Ia pun sesekali terlihat terdiam sebelum kembali bercerita. Beberapa penonton sidang pun tak kuasa menahan tangis saat Ahok bercerita.

"Saya seperti orang tidak tahu terima kasih, apabila saya tidak menghargai agama dan kitab suci orangtua dan kakak angkat saya yang Islamnya sangat taat," ujarnya dengan suara bergetar.