Brilio.net - Sebanyak 12 remaja dari tim sepak bola di Thailand dan pelatihnya yang diselamatkan dari gua yang banjir tidak akan menghadiri final Piala Dunia di Rusia. Hal itu lantaran kendala medis.

FIFA mengundang tim itu untuk menyaksikan pertandingan puncak Piala Dunia setelah operasi penyelamatan darurat besar-besaran berhasil menyelamatkan mereka dari gua. Misi berat ini telah mencuri perhatian dunia selama lebih dari dua pekan.

Tim sepak bola Wild Boars yang anggotanya berusia antara 11 sampai 16 tahun, dan pelatih mereka yang berusia 25 tahun terjebak pada 23 Juni ketika sedang mengeksplorasi kompleks gua di provinsi utara Chiang Rai. Hujan lebat membuat air menutupi celah-celah dan terowongan gua.

"Kami telah diinformasikan Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) bahwa karena alasan-alasan medis, anak-anak itu tidak akan berada dalam posisi untuk melakukan perjalanan ke Moskow untuk menyaksikan final Piala Dunia FIFA," kata FIFA dikutip Reuters, Rabu (11/7).

"Prioritas FIFA tetap kesehatan semua orang yang terlibat dalam operasi dan kami akan mencari kesempatan baru untuk mengundang anak-anak itu ke ajang FIFA untuk berbagi momen mereka dengan komuni dan perayaan," lanjutnya.