Brilio.net - Tiga bakal calon rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) dinyatakan lolos seleksi di tingkat Senat Akademik, Rabu (5/4). Ketiga calon rektor yang dinyatakan lolos masuk tiga besar adalah Panut Mulyono, Ali Agus, dan Erwan Agus Purwanto. Rencananya, ketiga calon rektor ini akan mengikuti proses seleksi di tingkat Majelis Wali Amanat pada Senin (17/4).

Ketua Senat Akademik UGM, Hardyanto Soebono mengatakan nama ketiga calon rektor yang lolos seleksi di Senat Akademik diajukan ke Majelis Wali Amanat untuk segera dipilih.

"Suratnya sudah saya tandatangani kemarin sore," kata Hardyanto dikutip brilio.net dari laman resmi UGM, Kamis (6/4).

Menurutnya, para anggota Senat Akademik sempat kesulitan untuk memilih calon rektor yang dianggap terbaik karena delapan bakal calon rektor menyampaikan program kerja dengan bagus.

"Mereka para balon rektor menguasai semuanya, namun memang yang mendapat poin paling tinggi yang dinyatakan lolos seleksi," ujarnya.

calon rektor baru UGM istimewa

Sedikit berbeda dengan pemilihan rektor sebelumnya yang menggunakan mekanisme one man, one vote, dalam proses seleksi rektor UGM di tingkat Senat Akademik, para anggotanya memberikan penilaian terhadap lima kriteria lewat kertas yang sudah disediakan oleh panitia. Kriteria yang dinilai tersebut, yakni kemampuan kepemimpinan, integritas, dan penguasan nilai-nilai ke-UGM-an serta program pengembangan.

Sebelum ke proses penilaian, sebanyak delapan bakal calon rektor menyampaikan program kerja selama 10 menit lalu diikuti sesi tanya jawab selama 15 menit di hadapan tim panelis. Tim panelis terdiri atas mantan rektor UGM, Sudjarwadi, Ketua Dewan Guru Besar (DGB) UGM, Putu Sudira, Sekretaris Majelis Wali Amanat Indarto, serta Ketua Senat Akademik Hardyanto Soebono.

Usai delapan bakal calon rektor menyampaikan presentasi dan tanya jawab kemudian para anggota Senat Akademik memberikan penilaian. Dari nilai yang diberikan oleh 114 anggota Senat Akademik tersebut lalu diakumulasi untuk mendapatkan tiga orang calon rektor yang mendapatkan nilai atau skor paling tinggi. Setelah dilakukan penjumlahan, terdapat tiga orang calon rektor yang mendapat poin tertinggi, yakni Panut Mulyono yang mendapat nilai 47.521, Ali Agus mendapat nilai 47.451 dan Erwan Agus Purwanto mendapat nilai 46.851.

Ketiga calon rektor yang mendapat nilai paling tinggi, menurut Hardyanto, semuanya adalah dekan. Seperti diketahui, Panut adalah Dekan Fakultas Teknik, Ali Agus adalah Dekan Peternakan dan Erwan adalah Dekan Fisipol.

Sementara itu, Ketua Panitia Kerja Seleksi dan Pemilihan Rektor UGM, Indarto mengatakan ketiga calon rektor hasil seleksi Senat Akademik ini akan mengikuti proses seleksi di tingkat Majelis Wali Amanat untuk dipilih satu orang yang nantinya ditetapkan sebagai rektor UGM terpilih. Untuk menyukseskan proses pemilihan di tingkat Majelis Wali Amanat, pihaknya telah menyiapkan berbagai keperluan logistik, seperti tersedianya surat suara, video presentasi, layar dan disiarkan lewat video streaming.

Rencananya, sebanyak 19 anggota Majelis Wali Amanat, kecuali rektor yang tengah menjabat, akan menggunakan hak suaranya. Dalam pemilihan rektor UGM , Menristekdikti memiliki hak suara 35 persen.

"Semoga di hari itu, UGM sudah punya rektor baru," pungkasnya.