Brilio.net - Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah kampus pertama yang berdiri setelah Indonesia merdeka. Tepatnya pada tahun 1946 dan baru diresmikan pada 19 Desember 1949. Puluhan tahun berdiri, tentunya kampus ini menyimpan banyak misteri. Banyak mitos tentang kampus ini yang beredar dan turun temurun di kalangan mahasiswa UGM.

Tentunya kebanyakan adalah mitos horor. Nah, kali ini Selasa (11/11) brilio.net bakal bahas, mitos-mitos horor apa saja sih yang selama ini beredar di UGM?

1. Mbak Rohana di jembatan Pertanian

Selain Mbak Yayuk, ini mitos horor di UGM sejak puluhan tahun silam

foto: id.worldmapz.com

Loading...

Ada sebuah jembatan di kampus UGM yang menghubungkan laboratorium diagnostik Fakultas Kedokteran Hewan gedung lama dengan Fakultas Pertanian, sebelah utara lembah UGM. Di jembatan itu dikenal akan sosok hantu wanita berkerudung, namanya Rohana. Orang yang melihat sosok Rohana adalah mereka pertama-tama melihat wanita misterius itu berjalan di jembatan sampai akhirnya sosok itu melompat ke bawah. Namun saat dilihat ke bawah tak ada siapapun. Saking terkenalnya, Rohana sudah menjadi urban legend yang dipercaya dari generasi ke generasi mahasiswa pertanian UGM.

2. Mbak Yayuk, mahasiswa abadi Fakultas Ekonomi

Selain Mbak Yayuk, ini mitos horor di UGM sejak puluhan tahun silam

foto: ugm.ac.id

Di area Fakultas Ekonomi dipercaya ada sosok hantu yang dijuluki mbak Yayuk. Bahkan penampakan Mbak Yayuk pernah tertangkap di kamera CCTV. Konon mbak Yayuk ini adalah mahasiswi abadi yang skripsinya sering ditolak. Dan karena kecewa, dia bunuh diri dengan melompati gedung. Kini ia beneran menjadi mahasiswa abadi di Fakultas Ekonomi UGM.

3. Menyanyi 'Gugur Bunga' di bundaran Teknik UGM

Selain Mbak Yayuk, ini mitos horor di UGM sejak puluhan tahun silam

foto: id.worldmapz.com

Ada mitos yang sudah dipercaya banyak mahasiswa UGM dari generasi ke generasi seputar area bundaran Teknik UGM. Mitos itu adalah pelarangan menyanyikan lagu Gugur Bunga di area itu. Konon, jika kamu menyanyikan lagu Gugur Bunga di bundaran teknik UGM saat malam hari dan sendirian, akan ada sosok misterius atau kejadian mengerikan.

4. Menir Josep di Rektorat UGM  

Selain Mbak Yayuk, ini mitos horor di UGM sejak puluhan tahun silam

foto: photograpero.com

Gedung rektorat UGM dipercaya sebagai lokasi penampakan pria Belanda dengan dandadan super rapi. Namanya Menir Josep. Ia kerap kali muncul ketika beberapa mahasiswa sedang beraktivitas hingga malam hari di kampus dan hilang saat dilihat atau dikejar.

"Ada suatu cerita yang beredar dan mungkin hampir semua anak UGM pernah dengar. Pernah suatu ketika sekitar pukul 10 malam, ada dua mahasiswa Geofisika yang sedang ngenet di rektorat. Tiba-tiba datang seorang bapak tua dan duduk bersama mereka. Saat itu salah satu pulpen mahasiswa tersebut jatuh, saat dia mengambil ternyata kaki bapak tersebut mengambang," cerita Yoga salah satu alumni Fakultas Geografi UGM

Karena ketakutan, mahasiswa tersebut langsung pulang meninggalkan temannya. Merasa tak enak dengan teman yang ditinggalkannya, dia mengirimkan SMS supaya teman menjatuhkan pulpen dan melihat ke bawah. Anak itu langsung kaget saat tahu kaki bapak itu ngambang. Mencoba tenang dan tetap terlihat sopan, dia pamit kepada sang bapak. “Mau pulang karena sudah malam apa karena sudah tahu?” tanya sang bapak tua. Serem abis!

5. Kepala wanita melayang di Fakultas Geografi

Selain Mbak Yayuk, ini mitos horor di UGM sejak puluhan tahun silam

foto: ugm.ac.id

"Dulu katanya ada mahasiswa bernama Bayu, dia mantan aktivis jamaah mushola Geografi. Saat kuliah Bayu sering menginap di kampus. Ia kerap melihat penampakan kuntilanak dan kepala perempuan melayang di sekitar Fakultas Geografi," cerita Yoga lagi

Seakan membenarkan, banyak mahasiswa yang percaya kalau di daerah sekitar Fakultas Geografi, yakni di dekat Magister Manajemen, hutan kampus dan selokan mataram, memang kerap menjadi lokasi penampakan sesosok putih seperti kuntilanak yang melayang di udara.

6. Cahaya yang berubah jadi wanita di taman Fisipol

Selain Mbak Yayuk, ini mitos horor di UGM sejak puluhan tahun silam

foto: iis.fisipol.ugm.ac.id

Ada lokasi yang kerap muncul penampakan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UGM. Tepatnya di taman Fisipol, konon kerap muncul penampakan cahaya yang tiba-tiba bisa berubah menjadi sosok perempuan.

7. Jenazah ujian praktik Kedokteran UGM

Selain Mbak Yayuk, ini mitos horor di UGM sejak puluhan tahun silam

foto: jurnal.aipki.net

Kisah ini konon dialami sekelompok mahasiswa kedokteran yang sedang belajar di kampus hingga malam karena akan ujian praktik anatomi tubuh. Saat sedang belajar, mereka tiba-tiba datang bapak-bapak berusia sekitar 30an. Saat itu, si bapak memberikan soal-soal ujian untuk para mahasiswa tersebut.

Keesokan harinya, soal yang diberikan sang bapak 100% sama persis sama soal ujian praktiknya. Para mahasiswa itu tentu senang bukan kepalang. Tetapi kemudian ketika ujian praktik langsung, mereka terperangah. Mayat yang jadi bahan praktik adalah mayat sang bapak yang semalam memberikan soal-soal praktek.

8. Hantu menyerupai teman di Fakultas Hukum

Selain Mbak Yayuk, ini mitos horor di UGM sejak puluhan tahun silam

foto: law.ugm.ac.id

Cerita ini datang dari Elvira Soeroamidjojo alumni Fakultas Hukum angkatan 2004. "Dulu pas nginep di kampus (tahun 2006) di ruang fotocopy, sekarang nggak tahu diubah jadi ruang apa, lokasi dekat sekretariat akademik yang sebelah WC, malam-malam saya ke WC sebelah ruang fotocopy itu, pas keluar lihat ada teman mau ke WC juga. Saya tanya, 'Kok antre? Kan WC lain kosong' Dia hanya menjawab, 'Airnya nggak ada'. 'Kok kamu pucat banget?' tanya saya. Teman saya berdalih, dia kecapekan karena sudah seminggu ini begadang."  Setelah Elvira kembali ke ruangan, ternyata temannya tersebut sedang sibuk mengerjakan laporan dan dia sama sekali tidak ke WC!

9. Gamelan di gelanggang mahasiswa

Selain Mbak Yayuk, ini mitos horor di UGM sejak puluhan tahun silam

foto: ugm.ac.id

Gelanggang mahasiswa adalah pusat kegiatan mahasiswa yang sudah dibangun semenjak tahun 70-an. Jika kamu menuju kawasan ini siang hari mungkin tampak biasa saja. Cobalah datang di malam hari sendirian, maka kamu akan merasakan situasi yang cukup mencekam.

Beberapa sosok yang kerap terlihat adalah kakek tua, kuntilanak, wanita tertawa atau laki-laki dewasa yang mendadak muncul dan menghilang tiba-tiba. Kadang mereka beraksi di ruang gamelan Gelanggang. Konon gamelan tiba-tiba berbunyi itu sudah biasa.

10. Foto di depan tulisan UGM

Selain Mbak Yayuk, ini mitos horor di UGM sejak puluhan tahun silam

foto: plus.google.com

Mungkin ini bisa dibilang horor dari segala mitos horor, kenapa begitu? Kabarnya kalau kamu yang saat itu statusnya masih menjadi mahasiswa UGM jangan pernah foto-foto di depan tulisan ini. Kalau tidak kamu bakal lama lulusnya, dan tersendat-sendat kuliahnya. "Nggak tahu ya dari mana kaitannya, yang jelas itu sudah jadi mitos yang mendarah daging di UGM, saya sih dulu fotonya pas wisuda," ujar Yoga sambil tertawa. Serem kan guys, jadi mahasiswa tua itu lebih serem dari hantu manapun juga!