Brilio.net - Hidup memang harus selalu kreatif. Dalam segala hal, kreativitas memang sangat diperlukan untuk menyelesaikan berbagai problematika kehidupan. Tapi bagaimana jika suatu waktu kreativitas kita terhambat?

Tenang, ada salah satu metode yang bisa buat kreativitasmu meningkat kembali. Metode itu dinamakan 'SCAMPER'.

SCAMPER adalah teknik yang dapat digunakan untuk memicu kreativitas dan membantu mengatasi setiap tantangan. Intinya, SCAMPER adalah teknik membuat daftar tujuan umum dengan cara memacu pertanyaan. Metode ini diciptakan oleh Alex Osborn dan disusun kembali oleh Bob Eberle di awal 70-an.

Dirangkum dari berbagai sumber (27/12), SCAMPER sendiri dibagi menjadi tujuh bagian. Dari ketujuh bagian ini kita bisa mengubahnya menjadi sebuah pertanyaan yang memicu kreativitas.

1. S (Substitute) atau mengganti

Cara ini disebut bisa langsung memicu kreativitasmu, apa sih?

foto: hepiikmal.blogspot.com

Dari subtitute ini kamu bisa membuat pertanyaan seperti "Bisa nggak ya kalau digantiin sama yang lain?" Hal ini bertujuan untuk mengembangkan ide alternatif untuk mengganti gagasan yang memang sudah buntu.

2. C (Combine) atau Mengkombinasi

Cara ini disebut bisa langsung memicu kreativitasmu, apa sih? foto: pinterest.com

Untuk Combine pertanyaan yang mungkin muncul seperti "Bisa nggak ya kalau dikombinasikan sama sesuatu yang lain?" Nggak bisa dipungkiri jika salah satu akar kreativitas adalah mengkombinasikan suatu hal dengan hal yang lain. Contohnya seperti ilmu mekatronika yang merupakan kombinasi antara ilmu mekanik dengan ilmu informatika.

3. A (Adapt) atau menyesuaikan

Cara ini disebut bisa langsung memicu kreativitasmu, apa sih?

foto: managinglawfirmtransition.com

"Bisa nggak ya kalau konsep baru ini diadaptasikan ke ide ini?" adalah salah satu pertanyaan untuk Adapt. Ini digunakan untuk menerapkan suatu konsep kedalam ide baru yang mungkin menghasilkan sesuatu yang baru pula.

4. M (Modify) atau memodifikasi

Cara ini disebut bisa langsung memicu kreativitasmu, apa sih? foto: weheartit.com

Dalam modify biasanya pertanyaan yang muncul adalah "Kalau ditambahkan sesuatu hasilnya makin bagus atau jelek ya?" Pertanyaan ini yang paling sering muncul belakangan ini. Sebagai contoh modifikasi mobil atau sepeda motor yang sekarang marak beredar.

5. P (Put to other use) atau kegunaannya

Cara ini disebut bisa langsung memicu kreativitasmu, apa sih? foto: lifehacker.com

"Kalau botol ini dipakai untuk pot tanaman mungkin nggak ya?" Nah, ini yang sekarang dinamakan dengan Lifehack. Mengganti sebuah kegunaan memang merupakan salah satu bentuk kreativitas yang bisa kamu coba.

6. E (Eliminate) atau menghapus

Cara ini disebut bisa langsung memicu kreativitasmu, apa sih? foto: spring.org.uk

Kadang menghapus beberapa bagian dari subjek ide kamu bisa menghasilkan sesuatu ide yang lebih segar.

7. R (Rearrange) atau menyusun kembali

Cara ini disebut bisa langsung memicu kreativitasmu, apa sih? foto: nerdist.com

Salah satu bentuk kreativitas adalah menyusun kembali apa yang kita ketahui dalam rangka menemukan apa yang tidak kita ketahui. Penyusunan kembali ini biasanya menawarkan alternatif yang nggak terhitung.

Itu tadi teknik SCAMPER yang bisa memicu kreativitas kamu. Dicoba ya guys!