Brilio.net - Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 akan digelar pada bulan ini. Lebih dari 238 ribu formasi yang meliputi Instansi Pusat maupun Instansi Daerah siap untuk dibuka. Kali ini, seleksi CPNS akan dilakukan secara terintegrasi dengan memakai sistem Computer Assisted Test (CAT). Oleh karena itu, bagi kamu yang berminat tentunya wajib untuk melakukan registrasi secara online di laman resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Nah, dalam seleksi tahun ini, foto selfie (swafoto) calon pendaftar menjadi salah satu syarat wajib yang mesti dipenuhi. Selain itu, dengan sistem yang telah terintegrasi melalui portal nasional, maka dalam seleksi tahun ini tidak ada pendaftaraan melalui portal mandiri oleh Instansi terkait.

Adapun langkah-langkah registrasi yang harus dilakukan oleh para calon pendaftar telah dijelaskan melalui akun Twitter Kementerian PAN-RB, seperti dilansir brilio.net Rabu (19/9).

pendaftaran cpns © 2018 berbagai sumber

foto: Twitter/@kempanrb

Loading...

Berdasarkan gambar tersebut, maka berikut 8 langkah cara mendaftar dan login pendaftaran di situs SSCN.

1. Buat akun di portal SSCN BKN dengan mengisikan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK Kepala Keluarga.

2. Login ke laman SSCN dengan menggunakan NIK dan password yang telah ditentukan.

3. Unggah foto selfie dengan memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

4. Melengkapi isian biodata.

5. Pelamar hanya dapat memilih 1 instansi, 1 formasi dan 1 jabatan.

6. Pastikan semua data sudah benar dan pastikan juga nama instansi, formasi dan jabatan juga benar.

7. Klik Simpan data yang telah dicek di Resume dan pastikan bahwa data sudah lengkap dan benar. Data yang sudah dikirim tidak bisa diubah dengan alasan apapun.

8. Cetak dan Simpan dengan baik Kartu Pendaftaran SSCN 2018. Kartu ini digunakan sebagai bukti telah melakukan pendaftaran secara online.

Secara lebih rinci, tata cara pendaftaran tersebut dijelaskan melalui alur berikut ini.

pendaftaran cpns © 2018 berbagai sumber

foto: Twitter/@kempanrb

Bagi calon pendaftar yang memiliki masalah dalam pengisian data di laman SSCN, maka bisa mengklik tab helpdesk yang ada di portal untuk meminta bantuan dan pengaduan.